Laporan Khusus KTT ASEAN ke-14

ADB Siap US$8,3 Juta Danai Proyek BIMP-EAGA

VIVAnews - Bank Pembangunan Asia (Asean Development Bank/ADB) disinyalir telah mengalokasikan dana sekitar US$8,3 juta sebagai bantuan bagi proyek-proyek yang akan dikerjakan dalam kerja sama antar negara ASEAN.

"Untuk BIMP-EAGA (Brunei- Indonesia-Malaysia-Philippines-East ASEAN Growth Area) kalau tidak salah sekitar US$8,3 juta untuk berbagai kegiatan advisory and assistance," ujar Menko Perekonomian Sri Mulyani saat mengikuti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada KTT ASEAN ke-14 di Hotel Dusit Thani Hua Hin, Thailand, Sabtu, 28 Februari 2009.

Menurut Sri, dana sebesar itu masih di luar pinjaman atau berbagai macam pendukung finansial untuk mendanai infrastruktur antar daerah di negara yang tergabung dalam BIMP-EAGA. "Kalau soal itu sih, beberapa daftar proyek bersama tadi kan sudah disampaikan oleh banyak pimpinan negara untuk lebih mengedepankan kerja sama privat to private," katanya.

Dia mengakui, selama ini ADB diakui sebagai penasehat untuk berbagai macam persiapan dalam BIMP-EAGA, seperti melakukan pengkajian termasuk kesiapan berbagai kemungkinan proyek-proyek yang berhubungan dengan transportasi, logistik, infrastruktur antarĀ  negara di sub kawasan itu.

Sehingga, kata Sri, peran ADB sebagai penasehat lebih banyak membantu, meski untuk pengerjaan proyek yang ada tidak selalu hasil bantuan lembaga perbankan itu. "Saya rasa, mekanismenya masih goverment to goverment. Jadi, kalau untuk daerah maka bentuknya sub lending atau pinjaman," ujarnya.

Namun, dirinya menambahkan, ketentuan ADB lebih mempersiapkan diri sebagai penasehat dalam memfasilitasi berbagai macam skenario mengenai apa-apa yang bisa dibangun di negara-negara yang tergabung dalam BIMP-EAGA.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi
Ilustrasi tenggelam

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Seorang bocah perempuan berinisial S berusia enam tahun tewas tenggelam ketika berenang di kolam renang yang berlokasi di kawasan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024