Memilih Mainan untuk Si Kecil

VIVAnews - Sebagian orang tua pasti menginginkan mainan yang lucu dan menarik bagi si kecil. Namun, di antara mereka tidak memperhatikan mainan yang sesuai dengan usia anak.

Hal itu penting untuk membantu tumbuh kembang anak di usia dini. Jadi, sebaiknya pilihkan mainan yang sesuai dengan usia anak, baik itu menyangkut warna maupun bentuk.

Pada awal perkembangannya, bayi biasanya belum mampu melihat dengan jarang pandang lebih dari 25 sentimeter. Kemampuan pandang mereka masih kabur, namun tidak berarti mereka tidak ingin mengetahui segala sesuatu di sekelilingnya.

Dengan kemampuan melihat yang masih terbatas itu sebaiknya Anda memilihkan produk mainan dengan warna kontras. Misalnya, warna hitam dan putih atau merah dan hitam.

Pilihan warna yang berbeda pada kedua sisi mainan dapat menstimulasi perkembangan penglihatan anak. Selain itu, pilihan produk dengan warna berbeda dapat membantu anak memilih mainan yang disukainya.

Berikut beberapa jenis mainan yang bisa dipilih untuk anak usia 0-6 bulan. Pada rentang usia tersebut anak akan mulai mengembangkan kemampuan melihat dan mendengar.

Menimbulkan efek suara.
Musik dapat menjadi salah satu sarana untuk melihat perkembangan reaksi anak usia 0-6 bulan. Produk mainan anak yang mengeluarkan efek suara seperti mobil-mobilan dan pemutar kaset dapat menjadi salah satu pilihan.

Mainan dengan efek suara dapat membantu merangsang sensitifitas pendengaran anak. Selanjutnya cobalah dengan tipe lagu yang berbeda dan lihat bagaimana reaksinya.

Mengenalkan diri sendiri.
Umumnya anak baru dapat mengenali wajahnya setelah berusia satu bulan. Namun, waktu untuk mengenali diri sendiri bisa lebih lama jika orang tua tidak berupa membantunya.

Untuk itu, anak dapat mulai diberikan mainan berbentuk cermin, sehingga mereka dapat mengenali wajahnya lebih awal. Pilihkan cermin dari bahan yang tidak mudah pecah. Dalam usia tiga bulan, mereka biasanya sudah mulai tersenyum ketika melihat wajahnya di cermin.

Koordinasi mata dengan tangan.
Saat usia menginjak 3-6 bulan, anak biasanya mulai mengerti kegunaan tangan mereka dan berupaya meraih setiap benda yang ada di sekelilingnya. Produk mainan yang berbunyi nyaring dapat membantu anak pada rentang usia ini untuk merespons setiap gerakan tangan dan matanya.

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Sumber: www.goodtoknow.co.uk

Ilustrasi mata uang Jepang

Yen Amblas ke Level Terendah dalam 34 Tahun, Menkeu Jepang Bakal Ambil Tindakan

Menteri Keuangan Jepang, Shunichi Suzuki menyatakan, akan mengambil tindakan yang tepat terhadap pergerakan pasar mata uang yang berlebihan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024