Prosesor Multi Core

2010, AMD Bikin Prosesor 32 Nanometer

VIVAnews - Advanced Micro Devices sebelumnya memperkirakan bahwa mereka baru siap memproduksi prosesor dengan teknologi proses 32 nanometer pada 2011. Tetapi tampaknya produsen asal Sunnyvale, California itu mempercepat persiapan. Dirk Meyer, Chief Executive Officer AMD, seperti VIVAnews kutip dari Softpedia, 3 Maret 2009 menyatakan bahwa perusahaan siap menyelesaikan persiapan di pertengahan tahun depan, dan produksi massal prosesor 32 nanometer akan dimulai di kuartal keempat 2010.

Saat ini, prosesor yang dijual AMD dan Intel dibuat dalam proses 45 nanometer. Tetapi, tidak seperti Intel yang sudah meluncurkan prosesor 45 nanometer sejak 2007, versi AMD baru mulai beredar di kuartal keempat tahun lalu.

Tidak seperti prosesor generasi sebelumnya, prosesor 32 nanometer yang akan datang tidak akan dibuat oleh AMD. Perusahaan hanya akan membuat desainnya saja untuk kemudian diproduksi oleh The Foundry Company. Langkah yang diambil AMD, melepas fasilitas produksinya untuk menjadi perusahaan independen membantu produsen prosesor kedua terbesar itu untuk mempercepat peluncuran prosesor generasi terbarunya, yang kini hanya sekitar setahun tertinggal di belakang Intel.

Menurut Meyer, AMD dan Advanced Technology Investment Co., yang dibentuk oleh pemerintah Abu Dhabi akan menyelesaikan perjanjian seputar spinoff unit bisnis manufaktur AMD ke dalam joint company. Langkah ini diperkirakan dapat membantu AMD keluar dari kerugian yang terus menerus melanda dalam beberapa kuartal terakhir.
 
Dirk Meyer juga menyatakan bahwa AMD berharap The Foundry Company dapat menyediakan sumber daya yang dibutuhkan, apalagi mengingat bahwa AMD memiliki 34 persen saham di perusahaan joint venture baru itu. Di saat yang sama, ia juga yakin bahwa spinoff unit manufaktur merupakan langkah yang baik bagi AMD. “Kami kagum dengan kualitas dan kedalaman relasi antara produsen yang tidak memiliki pabrik dengan partner-partnernya,” kata Meyer.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024