Kasus Tanjung Api-Api

"Supaya Saya Dinilai Bonafide"

VIVAnews - Direktur Utama PT Chandratex Indo Artha, Chandra Antonio Tan menyatakan ia meminjamkan uang senilai Rp 5 miliar kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk menunjukkan status sosial.

"Supaya saya dinilai bonafide," kata terdakwa kasus dugaan korupsi alih fungsi hutan itu di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu 4 Maret 2009. "Saya ingin dinilai mampu."

Pernyataan Chandra itu menjawab pertanyaan Hakim I Made Hendra mencecarnya. "Apa motivasi anda meminjamkan uang dalam jumlah banyak juga sampai susah-susah mengantarkan uang itu ke DPR?"

Dalam sidang tersebut, Chandra diperiksa sebagai terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pelepasan status fungsi hutan lindung Pantai Air Telang. Rencananya hutan itu akan akan dijadikan pelabuhan Tanjung Api-api. Chandra diduga telah memberikan uang senilai Rp 5 miliar kepada Anggota Dewan Komisi Kehutanan.

Selain itu, kata Chandra, peminjaman itu untuk menjaga hubungan baik dengan pemerintah provinsi. "Memang selama ini saya sering memberikan pinjaman kepada pemprov," kata dia. Ia menjelaskan pernah memberikan pinjaman untuk operasional klub sepakbola Sriwijaya FC.

Chandra mengatakan permintaan pinjaman itu disampaikan langsung oleh Gubernur Syahrial Oesman. "Pemda butuh dana untuk urus keperluan di DPR," kata Chandra. Menurut dia, saat itu Gubernur Sumatera Selatan Syahrial Oesman mengatakan, "Kalau Chandra ada dan bersedia pinjamkanlah."
 
Permintaan tersebut, Chandra melanjutkan, disampaikan oleh Mantan Sekertaris Daerah Sumsel Sofyan Rebuin. "Sofyan waktu itu bilang kalau kebutuhan dana itu tidak ada, pemprov akan malu sekali," kata Chandra. Ia pun memenuhi permintaan dengan membeli cek perjalanan di Pondok Indah Mall.
 
Ia mengatakan uang tersebut ia serahkan kepada legislator Sarjan Taher di kantor Dewan Perwakilan Rakyat. Tapi nilai yang diserahkan hanya 50 persen dari permintaan. "Pak Sofyan bilang jangan semuanya sebagian saja dulu," kata dia. Penyerahan itu dilakukan pada Oktober 2006.
 
Juni 2007, kata dia, Sofyan menghubunginya kembali. Sofyan meminta ia datang ke kediaman Gubernur. Dalam pertemuan itu, kata Chandra, "Gubernur bilang bagaimana dengan keperluan sisa itu, kami memerlukannya lagi." Ia kemudian menyatakan akan mengumpulkan lagi.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024