Menteri Mentor Lee Kuan Yew

Pertumbuhan Ekonomi Singapura Anjlok 10%

VIVAnews - Di tengah krisis keuangan global, pertumbuhan ekonomi Singapura tahun ini bakal merosot hingga sepuluh persen. Situasi ini bisa terjadi bila ekspor negara-pulau itu terus menurun dengan percepatan yang sama dengan yang terjadi tahun lalu.

Proyeksi ini berasal dari Lee Kuan Yew, perdana menteri pertama Singapura (1959-1990) dan kini menjadi menteri mentor. "Bila [tingkat ekspor] di kuartal kedua [2009] tetap turun 30 atau 40 persen, maka [pertumbuhan ekonomi] juga akan turun hingga -10 persen," kata Lee dalam suatu diskusi dengan kalangan pengusaha dan bankir di Singapura, Rabu 4 Maret 2009, seperti yang dikutip di harian The Straits Times. 
 
Januari lalu, tingkat ekspor Singapura sudah anjlok 35 persen. Menurut Lee, bila pertumbuhan bisa anjlok 10 persen, ekonomi Singapura akan empat kali lipat lebih buruk dari tahun 2001. Saat itu, pertumbuhan ekonomi turun 2,4 persen.
 
Proyeksi Lee itu jauh lebih buruk dari perkiraan Perdana Menteri Lee Hsien Loong, yang tak lain adalah putra kandungnya. Pekan lalu Hsien Loong memperkirakan pertumbuhan ekonomi negaranya merosot delapan persen. Proyeksi penurunan itu pun lebih besar dari perkiraan resmi pemerintah, yaitu antara 2 hingga 5 persen.

Namun, dalam diskusi yang diselenggarakan Thomson Reuters itu, Lee tak larut dalam buruknya proyeksi ekonomi Singapura. Dia juga optimistis bahwa negaranya bisa pulih lebih cepat dari sesama negara maju, yaitu Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang.

"Bila mereka melakukan pemulihan, kita akan jauh lebih cepat melakukannya karena tiga seperempat kali lipat dari produk ddomestik bruto (GDP) kami adalah perdagangan eksternal. Jadi kami bisa pulih lebih cepat," kata Lee.  

Faktor lain untuk percaya diri adalah Singapura terletak di kawasan yang ekonominya sedang berkembang, yaitu Asia Timur.

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24
Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024