Yahoo Tergiur Pasar Online Indonesia

VIVAnews -- Yahoo akan serius menggarap pasar pengguna internet di Indonesia yang sedang meningkat pesat.

Hal itu tergambar dalam pemaparan strategi bisnis Yahoo 2009 di Indonesia, oleh Pontus Sonnerstedt, Senior Director Yahoo Indonesia, di Jakarta, Kamis 5 Maret 2009.

Berdasarkan data yang dimiliki Yahoo, pengguna internet di Indonesia di akhir 2008 adalah 15,5 juta orang. Jumlah itu diprediksi akan tumbuh sekitar 32 persen hingga tahun 2010.

"Riset dari firma TNS Net Index, mengindikasikan, 28 persen dari penduduk perkotaan berklasifikasi A, B, dan C, terhubung ke internet," kata Jason Coates, Head of PR, Yahoo South East Asia.

Tak hanya itu, volume belanja iklan online di Indonesia pun mengalami peningkatan. Indonesia, kata Jason, sudah menjadi pangsa pasar terbesar dari belanja iklan tradisional di Asia Tenggara, dengan volume iklan US$ 3,6 miliar atau sekitar Rp 43 triliun.

"Kini, pasar iklan online di Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Singapura," Jason menjelaskan. Menurut prediksi Nielsen Online Desember lalu, pasar iklan Indonesia akan meningkat dari US$ 26,5 juta (Rp 319 miliar) pada 2007, mencapai US$ 41,9 juta (Rp 504,8 miliar) pada 2010.

"Indonesia akan memiliki pangsa pasar online terbesar di Asia Tenggara. Ini hanya tinggal masalah waktu," kata Pontus. Menurutnya, hal itu akan terwujud seiring dengan semakin murahnya tarif internet di Indonesia.

Menurut Pontus, hal itu mirip seperti industri ponsel di Indonesia yang kian hari semakin murah dan semakin menjangkau masyarakat luas.

Oleh karenanya, Yahoo akan menempuh beberapa strategi bisnis di Indonesia, antara lain dengan melakukan lokalisasi konten dan menggandeng para pengembang konten mobile di Indonesia.  

"Pasar online di Indonesia masih terus berkembang, dan masih sangat lowong bagi banyak pemain," kata Pontus.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024