Krisis, PHK Capai 39,7 Ribu Karyawan

VIVAnews - Pemerintah mencatat angka pemutusan hubungan kerja (PHK) sejak krisis hingga Februari 2009 mencapai 39,7 ribu orang. Sedangkan pekerja yang telah dirumahkan mencapai 24 ribu orang.

Menurut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno sektor yang paling banyak terkena PHK adalah manufaktur, perkayuan, dan elektornik. "Jawa Barat merupakan daerah terbayak yang melakukan PHK," kata Erman di Jakarta, Kamis 5 Maret 2009.

Pemerintah juga mencatat telah terjadi pemulangan 11 ribu tenaga kerja Indonesia dalam periode itu. Namun, jumlah itu merupakan pemulangan TKI reguler yang sesuai kontrak. "Krisis tidak terlalu membawa dampak besar," ujarnya.

Mengenai program stimulus, Departemen Tenaga Kerja mendapat stimulus sebesar Rp 300 miliar, yang digunakan untuk pengembangan Balai Latihan Kerja. Program stimulus bertanggung jawab untuk training atas PHK karyawan dan pelatihan tenaga kerja. 

Menurut Erman, stimulus itu dapat memberikan pelatihan kepada 600 ribu orang yang akan dilakukan di 200 kabupaten di 33 provinsi.

Syaikhu Bicara Peluang PKS Gabung dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran
Surya Paloh temui Cak Imin di Nasdem Tower, Selasa 23 April 2024

Surya Paloh dan Cak Imin Sepakat: Kita Tutup Buku Lama, Buka Buku Baru

Menurut Surya Paloh, PKB dan Nasdem memiliki tugas untuk memperkuat seluruh aspek kehidupan dalam satu bangsa.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024