Rekanan Tanjung Api-api Hadapi Tuntutan

VIVAnews - Direktur Chandratex Indo Artha Chandra Antonio Tan akan menghadapi tuntutan Jaksa. Rencananya, Jaksa Zet Tadung Alo akan membacakan tuntutan pada pukul 14.00 nanti.

Sidang akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat 6 Maret 2009. Sidang akan dipimpin hakim Moefri.

Chandra adalah terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pelepasan alih fungsi hutan Pantai Air Telang. Hutan itu akan dibangun Pelabuhan Tanjung Api-api. Ia diduga telah memberikan uang senilai Rp 5 miliar untuk anggota Komisi Kehutanan.

Dalam pemeriksaan terdakwa, Rabu lalu, ia mengatakan uang itu merupakan pinjaman. Pemerintah Sumatera Selatan memang kerap meminjam darinya. Ia mengaku Mantan Gubernur Sumatera Selatan Syahrial Oesman yang meminta dia untuk menyediakannya. "Supaya saya dinilai bonafid dan untuk menjaga hubungan baik," kata dia.

Oktober 2006, uang tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada Yusuf Erwin Faishal sebesar Rp 275 juta, Terdakwa sendiri Rp 150 juta, Hilman Indra 175 juta, Azwar Chesputera Rp 325 juta dan Fachri Andi Leluasa Rp 175 juta. Sisanya uang itu dibagikan ke 17 anggota komisi dengan besar antara Rp 25 juta dan Rp 170 juta. Mereka adalah Maruahal Silalahi, Wowo Ibrahim, Suswono, Mindo Sianipar, Mardjono, I Made Urip, Iman Sudjo,Samsul Hilal, Rusnaini Yahya, dan Jumat Tjiptowardoyo.

September 2006, terdakwa dan beberapa anggota komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Api-api. Kunjungan tersebut juga dilakukan pemaparan soal proyek itu oleh Syahrial Oesman. Usai pemaparan, terdakwa mendapat uang dari Kepala Dinas Pekerja Umum Bina Marga Sumatera Selatan Danar Dahlan sebesar Rp 170 juta untuk dibagi-bagikan.

Dakwaan Jaksa menyebutkan, Chandra menyerahkan uang tahap kedua pada Juni 2007, Chandra menyerahkan dana Rp 2,5 miliar. Penyerahan uang tersebut dilakukan di Hotel Mulia. Pertemuan itu dihadiri oleh terdakwa bersama Yusuf Erwin Faishal dan Hilman Indra. Pun uang tersebut dibagi-bagikan kepada anggota komisi seperti pada pembagian pertama.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024