Diet Bagi Penderita Maag

VIVAnews - Asam lambung yang mudah meningkat, kerapkali membuat penderita maag atau gangguan lambung ini sulit menjalani diet. Sebenarnya, meski menderita gangguan lambung, prinsip untuk menurunkan berat badan tetaplah sama, yaitu makan teratur, mengurangi asupan lemak, dan olahraga. Bedanya, penderita gangguan lambung sebaiknya menghindari makanan yang merangsang asam lambung. Seperti, makanan terlalu pedas, asam, asin, terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin. Makanan yang menimbulkan gas, seperti nangka dan durian, juga perlu dihindari.

Makan dengan jarak waktu teratur adalah prinsip utama. Makanlah setiap 3 jam, sementara itu pengobatan untuk penyakit maag tetap dijalankan. Tentu tidak mudah, namun jika memiliki motivasi yang kuat, Anda tentu dapat mencapai berat badan yang ideal.

Berat badan ideal dapat dicapai dalam beberapa tahap. Tahap pertama, Anda cukup menurunkan berat badan sekitar 5-10% dari berat badan yang sekarang, yaitu 4-9 kg saja. Setelah tercapai, barulah membuat target selanjutnya dengan penurunan berat yang sama jumlahnya.

Kurangi jumlah makanan Anda hingga 1/3 atau 1/2 dari porsi yang biasa Anda makan. Ganti camilan dengan buah-buahan segar yang tidak asam. Minum susu nonfat tanpa gula atau teh hangat, juga tanpa gula. Sebagai teman minum teh, Anda boleh juga memilih biskuit crackers sebanyak 3 lembar.

Jangan pernah membiarkan perut Anda terlalu lama kosong. Di samping mengurangi makan, cobalah teratur berlatih olahraga aerobik, misalnya jalan kaki setengah jam sehari.

Diary Diet Penderita gangguan lambung
Contoh pola diet 1.900 kalori (90 gr protein, 50 gr lemak dan 272 gr karbohidrat)

Pagi,  pukul  07.00:
8 sdm (200 gr) nasi
1 potong sedang (50 gr) semur daging
1 potong sedang (75gr) semur tahu
½ mangkuk (100 gr) tumis bayam
Teh hangat

Selingan, pukul  10.00:
Segelas susu nonfat (2 sdm susu bubuk nonfat + 2 sdt gula diet)
3 lembar crackers

Makan siang, pukul  13.00:
10 sdm (250 gr) nasi
1 potong (50 gr) daging/ikan/ayam
1 potong (75 gr) tahu/tempe
sayuran secukupnya
1 potong (100 gr) pepaya

Selingan, pukul 16.00:
Segelas susu nonfat
Pisang rebus

Makan malam, pukul  19.00:
8 sdm (200 gr) nasi
1 potong (50 gr) daging/ikan/ayam
1 potong (75 gr) tahu/tempe
sayuran secukupnya
1 potong kecil (100 gr) pepaya

Setelah makan malam, jangan makan apa pun, kecuali teh atau air putih. Hindari pengolahan makanan dengan minyak atau santan kental.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024