Semua PKB Wilayah Dukung Sultan-Muhaimin

VIVAnews - Sri Sultan Hamengku Buwono X menanggapi dingin wacana berduet dengan Muhaimin Iskandar di dalam Pemilihan Presiden. “Kalau saya dicalonkan, ya saya terimakasih," kata Sultan.

"Buat saya tidak ada masalah (dicalonkan). Silakan saja, tetapi hasil koalisi akan terjadi negosiasi kembali,” kata Sultan menanggapi keputusan resmi Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengusung duet kepemimpinan Buwono-Muhaimin di Yogyakarta, Selasa 10 Maret 2009.

Sultan menegaskan, proses koalisi akan terlihat setelah pemilu legislatif, 9 April mendatang. Menurut penguasa Yogyakarta itu, wacana PKB tersebut adalah bentuk negosiasi. Namun demikian, dirinya menegaskan kembali bahwa proses koalisi akan ada setelah pemilu legislatif, kalau partai politik tidak mencapai 20 persen suara sah nasional atau 25 persen kursi di DPR.

Apabila diusung sebagai capres dalam pemilu mendatang, Sultan tidak mematok persyaratan khusus tentang sosok calon wakil presiden yang mendampinginya. Sultan menyerahkan sepenuhnya masalah persyaratan tersebut kepada partai yang terlibat koalisi.

Sampai sejauh ini, Sultan mengaku terus berkeliling ke daerah-daerah dan membangun komunikasi politik dengan semua partai politik. Tetapi komunikasi politik yang dia jalani masih belum ada kepastian. Termasuk wacana duet Buwono-Muhaimin juga belum ada pembicaraan khusus.

“Pada 10 Mei pendaftaran calon presiden sudah dibuka. Setelah pemilu legislatif 9 April, terjadi negosiasi politik dengan waktu yang pendek. Jadi, satu bulan setelah pemilu legislatif intensitas lobi politik akan tinggi,” katanya.

Di tempat terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB DIY, Sukamto, menyatakan mendukung duet Buwono-Muhaimin. “Kita sudah memutuskan resmi di internal DPW PKB DIY. Dalam minggu ini kita akan atur pertemuan dengan Sri Sultan untuk membicarakan masalah keputusan DPW PKB DIY ini,” katanya.

Menurut Sukamto, dukungan duet Buwono-Muhaimin tersebut tidak hanya suara dari DPW PKB DIY saja. Sebagian besar DPW PKB tingkat provinsi mendukung duet Buwono-Muhaimin tersebut. “Kami sudah ada pembicaraan dengan PKB tingkat provinsi se-Indonesia dan hasilnya kita semua mendukung duet Buwono-Muhaimin,” katanya.

Sukamto mengungkapkan, sosok Muhaimin adalah tokoh muda yang memiliki pengalaman politik dan wawasan yang luas. Dukungan DPW PKB DIY tersebut sekaligus upaya untuk mendorong adanya regenerasi kepemimpinan di Indonesia.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Laporan Rahardian | Yogyakarta

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024