Prosesor Grafis

Chip GPU ke 50 Juta AMD, untuk Nintendo Wii

VIVAnews - AMD mengumumkan penjualan chip grafisnya yang ke 50 juta unit. Adapun pembeli setia chip GPU tersebut adalah Nintendo yang memanfaatkan chip tersebut pada konsol game Wii. Dengan dikirimkannya chip yang ke 50 juta, prosesor grafis bernama Hollywood itu menjadi prosesor grafis untuk konsol game tersukses yang dimiliki AMD dari sisi jumlah penjualan.

“Hubungan Nintendo dengan AMD sangat penting. Teknologi grafis dan keahlian AMD dalam membuat chip ATI Hollywood merupakan bagian penting dari kesuksesan Wii,” kata Genyo Takeda, General Manager of Integrated Research Development, Nintendo Co., Ltd. pada keterangan pers yang VIVAnews terima, 13 Maret 2009. “Kombinasi kami dengan AMD membantu menghadirkan pengalaman hiburan yang menyenangkan untuk banyak orang di seluruh dunia,” ucapnya.

“Kami mengucapkan selamat pada Nintendo atas popularitas konsol game Wii mereka,” kata Rick Bergman, Senior Vice President and General Manager, Graphics Products Group AMD. “Kami bangga dapat menyediakan chip ATI Hollywood sebagai mesin grafis yang hening dan sejuk yang menjadi salah satu faktor penting bagi pengguna Wii. Nintendo juga merupakan pelanggan penting AMD dan kami akan terus bekerjasama untuk menghadirkan hiburan dalam bentuk konsol game secara lebih luas,” ucapnya.

Prosesor grafis ATI Hollywood merupakan graphics processing unit AMD yang diproduksi menggunakan proses 90 nanometer. Dalam satu unit prosesor, di dalamnya terdapat dua die atau core. Core yang pertama, disebut Napa, selain merupakan GPU-nya sendiri, juga bertugas mengontrol fungsi input-output, akses RAM yang terintegrasi di dalam die berukuran 8 x 9 milimeter. Core kedua, disebut Vegas, memiliki ukuran 13,5 x 7 milimeter dan bertugas mengatur audio DSP serta SRAM internal berkapasitas 24MB.

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23
Rizky Febian dan Mahalini.

Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah

Hari bahagia Rizky Febian dan Mahalini Raharja semakin dekat. Berbagai persiapan pun sudah terpenuhi hampir 100 persen dengan sempurna, mulai dari rangkaian jelang nikah.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024