Kampanye Pemilu 2009

Caleg PAN Tewas Saat Kampanye

VIVAnews - Calon Legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) meninggal usai deklarasi kampanye damai di Lapangan Merdeka Kota Solok, Selasa 17 Maret 2009. Murkaini Datuk Rajo Nan Kayo yang berusia 63 tahun meninggal setelah tiga jam saat deklarasi kampanye.

Deklarasi kampanye damai di Kota Solok dimulai sekitar 09.30 WIB di Lapangan Merdeka. Setelah membacakan deklarasi damai yang diikuti peserta Pemilu, pawai kampanye terbuka dimulai sejak pukul 11.30 WIB dan saat itu Murkaini tiba-tiba terjatuh dan menghembuskan nafas terakhirnya.

Menurut Sekretaris DPD PAN Solok Wendra Amir, proses pemakaman masih menunggu kesepakatan pihak keluarga. "Menurut rencana keluarga, Abis Zuhur pemakamannya dilakukan di tempat pemakaman umum Kota Solok," ujar Sekretaris DPD PAN Kota Solok Wendra Amir.

Sejauh ini, Wendra mengaku, Datuk Rajo Nan Kayo tidak pernah mengeluhkan mengidap satu penyakit berbahaya. Bahkan, ujarnya, setelah deklarasi kampanye damai, sejumlah caleg PAN di Kota Solok berkumpul untuk makan siang.

"Beliau tidak mengelurkan penyakit apa-apa. Bahkan setelah makan bersama, sebelum kampanye masih tertawa dengan kami," ujar Wendra.

Menurutnya, pihak keluarga menceritakan caleg PAN tersebut sempat mengeluh pusing saat akan mandi. Sebelum menjadi caleg dari PAN Kota Solok, Datuk Rajo Nan Kayo merupakan mantan PNS yang terakhir menjabat sebagi Lurah. Ia juga tercatat sebagi kepala suku atau pemanngku adat di kampungnya.

Anggota KPU Kota Solok Triati mengaku, hingga saat ini pihaknya masih menunggu pengajuan surat pencabutan pencalegkan Murkaini. Murkaini Datuk Rajo Nan Kayo tercatat sebagai caleg di Daerah Pemilihan II Lubuk Sikarah.

Menurut Triati, selain sudah berumur lanjut, Murkaini juga disinyalir mengidap penyakit jantung. Ia mengaku, selama ikrar kampanye damai kemarin, cuaca Kota Solok cukup pana.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024
Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024