Olahraga Ringan Bangkitkan Mood di Kantor

VIVAnews - Terlalu lama duduk dan menatap layar komputer memang dapat membuat energi tubuh menguap. Akibatnya, tubuh pun terasa lemas dan pegal-pegal. Kondisi bisa bertambah parah setelah Anda kembali dari makan siang. Pilihan menú makan siang tidak tepat dapat membuat tubuh makin lemas. Anda pun tak bisa fokus bekerja.     

Paige Waehner, instruktur pribadi dari American Council on Exercise, mengatakan, untuk mengatasinya, lakukan beberapa olahraga ringan selama Anda berada di kantor. Gerakan-gerakan praktis dan mudah ini bisa menjadi suntikan energi buat Anda.

Waehner menyarankan, agar untuk setiap satu jam, berjalanlah. Dengan berjalan, Anda sudah beolahraga. Misalnya, lakukan sendiri tugas yang biasa Anda oper ke office boy, seperti mengambil minum di pantry, melakukan foto copy dokumen, atau sekadar mengirimkan faks.

Agar lebih rileks, Anda bisa melakukan latihan pernapasan. Caranya: selama Anda duduk, cobalah agar posisi duduk tetap tegak tapi relaks. Pada kondisi ini belajarlah menarik otot perut (otot ini ibarat korset alami tubuh). Setelah menarik perut, tahan selama 8 detik. Bernapas dengan normal. Lalu, lepas dan mulai lagi.

Anda bisa melakukan gerakan ini sesering mungkin. Setidaknya sebanyak 8 set, lalu istirahat. Jika ada waktu Anda bisa melakukan lagi. Gerakan ini juga dapat dipraktekkan pada posisi berdiri. Misalkan, ketika Anda sedang menunggu antrian fotokopi atau makanan. Gerakan ini manjur untuk memperbaiki postur tubuh, dan merampingkan pinggang. Tanpa disadari, kebiasaan ini bisa menjadi olahraga untuk penguatan otot.

Selain itu, luangkan waktu Anda sekitar 10-15 menit di sela-sela waktu bekerja untuk melakukan tiga gerakan mudah berikut ini. Gerakan ini mampu meningkatkan energi dan menambah konsentrasi di tempat kerja. Gerakan ini mudah dan bisa dilakukan di meja kerja Anda.

1. Sasaran: otot panggul
- Posisi duduk tegak dengan bahu relaks. Buka kedua kaki sejajar pinggul.
- Angkat kaki kanan ke atas paha kiri, seperti posisi bersila. Telapak tangan sebelah kanan memegang lutut kanan, sementara telapak kiri berada di bagian mata kaki.
- Perlahan dorong dada ke arah depan, usahakan posisi punggung tetap lurus. Tahan 8 hitungan. Kembali ke posisi awal. Ulangi 8-10 set.

2. Sasaran: otot lengan dan otot punggung
- Posisi duduk tegak dengan bahu relaks. Buka kedua kaki sejajar pinggul.
- Kaitkan jemari tangan di pinggul belakang dengan telapak tangan menghadap atas.
- Dorong tangan ke arah atas semampu Anda. Tahan 8 hitungan. Kembali ke posisi awal. Ulangi 8-10 set.

3. Sasaran: otot paha dan otot pinggang
- Posisi duduk tegak dengan bahu relaks. Buka kedua kaki sejajar pinggul.  Kedua tangan memegang bagian samping kursi.
- Angkat kedua kaki perlahan. Tahan 5-8 hitungan. Kembali ke posisi awal. Ulangi 8 set.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil
Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024