Rugi Software Bajakan Lebih Dari Rp 11 Miliar

VIVAnews - Meski belum bisa memastikan berapa kerugian perusahaan akibat software bajakan, kuasa Hukum Business Software Alliance (BSA), Benhard P Sibarani memperkirakan kerugian sekitar Rp 11 miliar.

"Kerugian itu bisa diatas US$ 1 juta, tapi nilai aslinya berapa belum pasti," kata Berhard, di Jakarta Selatan, Selasa 17 Maret 2009.

Dijelaskan dia, software teknik asli yang banyak digunakan untuk perusahaan konstruksi, misalnya, harganya senilai US$ 2.000. Namun, bajakannya bisa dijual jauh dibawahnya. "Untuk harga software antara US$ 4.000 sampai US$ 5.000, software bajakannya dijual US$ 100 sampai US$ 200," kata Bernard.

Ditambahkannya lagi, sejak 2006, Business Software Alliance (BSA) mendorong kepolisian untuk mengusut kasus pembajakan dan pemakaian software bajakan.

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

"Setiap tahun kami melaporkan ada 10 perusahaan yang melakukan tindak pidana penggunaan piranti lunak ilegal," Berhard menambahkan.

Sejak 2006 sampai 2009, lembaganya telah mengusut 119 kasus piranti ilegal. Sebanyak  35 diantaranya sudah masuk pada tahap tuntutan. "35 kasus itu antara lain kasus pemakaian, retail atau eceran, penggunaan di toko komputer atau perusahaan," tambah dia.

Menurut Penyidik Unit I Industri dan Perdagangan, Badan Reserse dan Kriminal Polri, Ajun Komisaris Besar Rus Haryanto hukuman denda yang diberikan kepada perusahaan yang melanggar terlalu kecil.

Dalam UU Hak Cipta, denda yang dikenakan hanya sebesar Rp 500 juta. "Seharusnya denda dikonversi dengan nilai yang ada sekarang," tambah dia.

Polisi menindak dua perusahaan pengguna software bajakan. Razia piranti lunak bajakan yang dilakukan Markas Besar Polri kali ini ternyata yang terbesar selama tiga tahun terakhir. Barang bukti yang disita lebih dari 1.300 software yang tak berlisensi.

MK Sebut Minim Pengalaman soal Amicus Curiae di Perkara Sengketa Pilpres
Duel Manchester City vs Chelsea

Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Duel Manchester City vs Chelsea dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu 20 April 2024, pukul 23.15 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024