KTT The Asean-Europe Meeting di Jerman

Jerman Butuh Pekerja Pertanian Indonesia

VIVAnews - Jerman dan Indonesia akan menjajaki kerja sama investasi di sektor perkebunan dan pertanian, terutama dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja.

Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Tenaga Kerja dan Sosial Jerman Olaf Scholz di Postdam Jerman, Senin petang waktu setempat, 16 Maret 2009.

"Jerman saat ini sedang gencar membuka green job atau pekerjaan di sektor perkebunan dan pertanian," katanya dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews.

Di negara tersebut, dia menambahkan, sedang ada kebutuhan yang relatif besar pada pekerja di sektor tanaman gandum dan kayu, karena kebutuhan akan kedua komoditi tersebut sedang meningkat.

"Para pengguna jasa di Jerman senang mempekerjakan TKI formal yang terlatih (skilled labour), karena mereka memiliki kompetensi, disiplin, dan tidak banyak bermasalah, meski kondisi industri di negara itu relatif turun," katanya.

Selain itu, pertemuan bilateral tersebut juga menyepakati dibukanya program pemagangan tenaga kerja melalui asosiasi pengusaha di kedua negara sebagai upaya alih teknologi dan informasi.

"Program pemagangan ini mudah untuk direalisasikan karena kriterianya jelas dan pemagang terdata dengan baik, apalagi para pemagang akan diberikan gaji dan akomodasi selama menjalankan proses magang kerja," kata Erman.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Sebagai tindak lanjut, dia menambahkan, asosiasi pengusaha kedua negara akan segera bertemu untuk membicarakan dan menentukan sektor-sektor yang bisa direalisasikan dalam program pemagangan.

Pertemuan bilateral tersebut dilakukan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi The Asia-Europe Meeting (ASEM)mengenai Corporate Social Responsilbility (CSR)  yang diselenggarakan pada 16-22 Maret 2009 di Potsdam, Jerman.

Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024