Selama 2009, Kucuran Kredit Baru Rp 2 Triliun

VIVAnews - Jumlah dana pihak ketiga di perbankan nasionalĀ  hingga minggu ke tiga Maret 2009 bertambah Rp 57,6 triliun menjadi Rp 1.768,7 triliun dibandingkanĀ  posisi akhir Desember sebesar yang sebesar Rp1.710,1 triliun. Sementara penyaluran kredit masih kecil yaitu Rp 2 triliun.

Menurut Kepala Biro Stabilitas Sistem Keuangan Bank Indonesia Wimboh Santoso, kecilnya kredit yang disalurkan pada Januari hingga Februari bukan menjadi ukuran pertumbuhan kredit sepanjang tahun. Pertumbuhan kredit di awal tahun jumlahnya selalu lebih kecil.

Bank Indonesia akan menunggu kondisi pertumbuhan kredit pada bulan April dan Mei. Jika pada bulan tersebut tidak ada pertumbuhan, maka hal itu perlu dikaji lebih lanjut.

BI, lanjut dia, telah melihat tanda-tanda pertumbuhan kredit karena adanya percepatan stimulus, kelonggaran regulasi, dan penurunan suku bunga. "April sudah ada tanda-tanda, jangan terlalu dini menyimpulkan," kata Wimboh di Jakarta, Rabu 18 Maret 2009.

Pertumbuhan kredit diperkirakan tahun ini mencapai 18 persen sampai 20 persen. Hal itu dengan asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 4 persen sampai 5 persen. Namun berdasarkan rencana bisnis bank, pertumbuhan kredit tahun ini sebesar 15,6 persen.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024