Kucuran Stimulus Rp 12,2 Triliun Difinalisasi

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Daftar Isian Penggunaan Anggaran stimulus sudah tahap final. Dengan selesainya DIPA ini, maka Kementrian/Lembaga (K/L) yang mendapatkan tambahan dana stimulus sebesar Rp 12,2 triliun bisa segera mencairkannya.

Sesuai dengan jadwal kesepakatan, kata Menkeu, pada 18 Maret 2009 ini semua DIPA sudah selesai. "Kita tinggal menunggu deskripsi aktivitas Kementran/Lembaga terutama yang menerima stimulus dalam jumlah besar seperti Departemen PU," ujar Menkeu di Jakarta, Rabu 18 Maret 2009.

Dokumen-dokumen yang telah disepakati, katanya, bisa dijalankan sesuai rencana. "Tadi malam Dirjen Anggaran sudah membahas sampai malam," kata Menkeu. Dengan stimulus ini diharapkan efek krisis ekonomi global di Indonesia bisa diminimalisasi.

Sebelumnya Dirjen Perbendaharaan Negara Herry Purnomo mengatakan, dana stimulus stimulus sudah siap dicairkan. "Kami untuk mencairkannya tinggal tunggu realisasi proyek," ujarnya. Pencairan dengan syarat realisasi proyek ini dikhususkan bagi program yang sifatnya fisik. Artinya sebelum ada realisasi (berita acara) penyelenggaraan proyek, dana pencairan belum bisa dilakukan.

Ketua Komisi XI Ahmad Hafiz Zawai mengharapkan dana stimulus ini segera dikucurkan. "Kalau bisa sebelum April ada pencairan,"
ujarnya. Karena dengan adanya pencairan ini, menandakan bahwa stimulus sudah mulai jalan.

Pasalnya, kata Hafiz, dana stimulus sebenarnya memiliki porsi yang kecil dibandingkan APBN. "Stimulus jumlahnya hanya Rp 12 triliun
sedang belanja mencapai Rp 300 triliun, jadi tidak sebanding," katanya. Namun bagaimanapun maksud dari stimulus adalah untuk
menggerakan ekonomi rakyat.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024