Browser Internet

Firefox, Browser Numero Uno di Dunia

VIVAnews - Kabar baik bagi Mozilla bulan ini. Menurut data W3Schools, Firefox, browser besutan Mozilla, bertahan di posisi teratas dengan menguasai 46,4 persen pangsa pasar, semakin jauh dari rival terdekat Internet Explorer yang memiliki 43,6 persen. Bila dibandingkan bulan sebelumnya, Mozilla mencatat peningkatan hampir satu persen, yakni 45,5 persen pangsa pasar. Sementara di bulan yang sama, Internet Explorer kehilangan 1,2 persen pangsa pasarnya.

W3Schools menjelaskan, hasil temuan ini berdasarkan penilaian para pengembang terhadap ketertarikan pengguna terhadap teknologi Web. “Para pengguna lebih tertarik memakai browser-browser alternatif ketimbang browser yang tersedia,” kata juru bicara W3Schools, yang dikutip VIVAnews dari Vnunet, Senin 23 Maret 2009.

Rata-rata pengguna, menurut jurubicara tersebut, memakai Internet Explorer sejak browser tersebut terintegrasi di dalam Windows. Sehingga, penguasaan pangsa pasar IE cukup tinggi. “Kebanyakan dari mereka memang tidak mencari tahu browser lain,” katanya.

Data ini berbeda dibandingkan data statistik terakhir keluaran Net Applications yang lebih melegakan hati Microsoft. Pasalnya, dalam data tersebut, Net Applications memaparkan bahwa Microsoft masih memimpin pasar browser dunia dengan penguasaan pangsa 67,44 persen, sementara Firefox jauh di bawahnya dengan rengkuhan 21,77 persen.

Microsoft, yang baru saja merilis versi terbaru dari Internet Explorer minggu lalu, IE8, berharap dapat mendongkrak pangsa pasarnya dan menghambat jalan Firefox yang berangsur-angsur mengakuisisi pangsa dan semakin populer di dunia.

Pada Internet Explorer 8, Microsoft menekankan pada peningkatan performa, dukungan terhadap standar teknologi internet terbaru, serta menambahkan sejumlah fitur untuk membantu pengguna melacak situs yang paling sering dikunjungi dan sumber informasi favorit. Tentu saja, masalah keamanan juga merupakan faktor yang ditonjolkan pada browser baru ini.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024
Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Waketum Nasdem menegaskan tidak ada pembicaraan politik dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024