Krisis Ekonomi AS

Obama Minta Rakyat Bersabar

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengatakan bahwa upaya menarik AS dari resesi memerlukan waktu. Namun dia menekankan bahwa kondisi ekonomi akan membaik.

Belum Aman dari Degradasi, PSS Sleman Siap Bangkit di 5 Laga Sisa

Dalam konfrensi pers kedua sejak menjadi presiden, Selasa malam, 24 Maret 2009 (Rabu pagi WIB), Obama mengajak warga AS untuk melihat masa depan dengan keyakinan bahwa hari yang lebih baik akan datang.

"Kita akan keluar dari resesi ini," kata Obama seperti dikutip laman stasiun televisi CNN. "Namun itu membutuhkan waktu, kesabaran, dan saling pengertian, sehingga ketika kita semua bekerja sama, ketika masing-masing dari kita melihat lebih jauh ke depan, itulah saat di mana kita mencapai kesuksesan," kata Obama.

Meski Obama mendapat hujan kritik dari Partai Republik terkait anggaran yang dia ajukan, kini sedang ditinjau oleh Kongres, Obama berjanji bahwa pemerintah akan mengurangi defisit sebesar setengahnya dalam lima tahun ke depan. Obama juga mengatakan bahwa anggaran penting bagi penyembuhan ekonomi.

"Pengeluaran dan pajak tidak dapat dipisahkan dari upaya penyembuhkan ekonomi karena dua hal itu merupakan fondasi bagi kemakmuran," kata Obama. "Anggaran yang saya ajukan ke Kongres akan membangun ekonomi kita menuju fondasi yang lebih kuat, sehingga kita tidak akan menghadapi krisis semacam ini lagi dalam waktu sepuluh hingga dua puluh tahun dari sekarang," kata Obama.

Mengenai alasan mengapa dia harus menunggu tiga hari untuk berbicara di depan publik terkait pemberian bonus raksasa asuransi yang mendapat dana talangan pemerintah, American International Group (AIG), Obama berkata, "Kami butuh beberapa hari karena saya ingin berpikir matang tentang apa yang akan saya katakan tentang AIG."

Obama juga mendukung tindakan Menteri Keuangan Timothy Geithner tentang pembelian aset-aset bermasalah perbankan, dengan menggandeng sektor swasta. "Ingatlah bahwa situasi di AIG memburuk karena kurangnya otoritas pemerintah," kata Obama.

Ilustrasi asuransi kesehatan

Memahami Dua Jenis Asuransi Kesehatan, Hospital Benefit dan HCP

Memiliki asuransi kesehatan di era sekarang menjadi hal yang penting. Asuransi ini dapat membantu meringankan beban biaya pengobatan yang semakin tinggi.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024