Tanggul Situ Gintung Jebol

Tanggul yang Jebol Sepanjang 25 Meter

VIVAnews - Departemen Pekerjaan Umum mengungkapkan panjang tanggul yang jebol di Situ Gintung mencapai 25 meter dari panjang keseluruhan 200 meter.

Direktur Sungai dan Waduk Departemen PU Widagdo yang berada di lokasi kepada VIVAnews, Jumat 27 Maret, mengatakan penanganan darurat yang dilakukan adalah menahan agar tidak terjadi longsoran. Pihaknya memantau hilir dari Situ Gunung hingga ke Muara Pesanggrahan.
 
Untuk memperbaiki tanggul saluran pembuangan diperlukan keadaan saluran yang kering. "Kondisi sekarang masih labil dan tidak memungkinkan untuk menangani langsung karena lokasi jebol luasnya cukup besar," katanya.

Menurut informasi dari warga, kata dia saat dihubungi, hujan yang mengguyur Kamis sore berupa hujan es dan cukup deras sehingga tanggul jebol. Menurut Widagdo, struktur saluran membutuhkan luas yang lebih besar. Sementara itu, penduduk di sekitar lokasi saat ini menyelamatkan barang-barang. Di sekitar lokasi juga terdapat posko-posko untuk membantu evakuasi warga.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto yang ditemui terpisah mengaku akan meninjau langsung lokasi bencana ambruknya tanggul situ gunung hari ini.  "Saya akan mengunjungi lokasi hari ini. Saya harus lihat dulu bagaimana keadaannya disana," katanya setelah acara konsultasi regional PU di Departemen PU Jakarta.

Terima Kasih ke Tim Hukumnya, Prabowo Subianto Ajak Seluruh Pihak Kembali Bersatu

Djoko mengatakan karena kejadiannya terjadi dalam beberapa jam, pihaknya belum menerima laporan dari lokasi. "Belum ada laporan dari sana. Makanya saya akan langsung meninjau hari ini. Pak Wapres sekarang akan meninjau," katanya.

Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Prabowo akan membangun komunikasi dengan semua elite politik untuk membangun koalisi.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024