Tanggul Situ Gintung Jebol

Situ Gintung akan Dipasangi Kasur Batu

VIVAnews - Pemerintah Pusat akan memasang pelindung tebing atau kasur batu di sekitar lokasi longsor Situ Gintung.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto langkah pencegahan darurat. "Untuk menjaga agar daerah lainnya tidak terkena longsoran," kata dia di Restoran Ayam Panggang Situ Gintung, Tanggerang, Jumat

Sebelumnya, Tanggul Situ Gintung jebol. Sebanyak 250 rumah hancur dan 50 orang menjadi korban. Tanggul yang dibangun tahun 1933 itu tidak kuat menanggung debit air tinggi akibat hujan deras sehari sebelumnya.

"Situ-situ akan kita perbaiki tapi perbaikannya tidak perbaikan darurat," kata Djoko. Pemerintah, kata dia, sudah menyiapkan tim. "Besok mereka rapat di kantor untuk membuat desain yang bagus," kata Djoko.

Dalam penyusunan desain pemerintah telah memanggil dua orang teknisi dari Jepang. Mereka adalah Takaaki Kusakae dan Baba H. Pemerintah, lanjut Djoko, belum merinci berapa dana yang dibutuhkan. "Dananya darurat," kata dia.

Langkah lain yang diupayakan pemerintah, kata Djoko, adalah konservasi lahan.

Danau Gintung yang terletak sekitar 500 meter dari Universitas Muhammadiyah jebol sekitar pukul 05.00. Peristiwa ini mengakibatkan sekitar 50 korban tewas dan pemukiman hancur dan porak poranda.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini
Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024