2 April, PM Malaysia Undurkan Diri

VIVAnews - Perdana Menteri Malaysia, mengumumkan akan mengundurkan diri tanggal 2 April mendatang. Ia menyerahkan kekuasaan pada deputinya yang akan menyelesaikan masa transisi satu tahun setelah kekalahan koalisi yang berkuasa di pemilihan umum terakhir.

Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi juga telah dilepaskan dari jabatan presiden partai United Malays National Organization (UMNO), yang memimpin koalisi Front Nasional awal pekan ini dan menyerahkan jabatannya pada Deputi Perdana Menteri Najib Razak. Sesuai tradisi, ketua partai juga akan menjadi perdana menteri.

“Saya ingin pensiun dengan rasa tenang,” kata Abdullah dalam pidatonya pada kongres tahunan partai seperti VIVAnews kutip dari AP, 28 Maret 2009. “Saya tidak ingin membawa emosi negatif bersama saya,” ucapnya penuh haru.

Abdullah, 69, menyatakan akan menemui raja Malaysia pada 2 April mendatang untuk menyampaikan pengunduran diri sebagai perdana menteri. Abdullah juga menyatakan bahwa upacara serah terima jabatan pada Najib akan dilangsungkan berikutnya, tetapi belum dipastikan waktunya. Media lokal Malaysia berspekulasi bahwa seremoni itu akan berlangsung 3 April.

Di 2003, Abdullah menggantikan perdana menteri Mahathir Mohamad dengan harapan besar bahwa ia akan menghadirkan reformasi. Abdullah Badawi dipuji karena memerbolehkan masyarakat mengkritik pemerintahan dan mengendurkan kontrol terhadap media. Tetapi janji-janjinya yang akan memberantas korupsi dan menghadirkan kesetaraan ras tidak banyak berhasil.

Najib, 55, yang akan menggantikan Abdullah Badawi memiliki masalahnya sendiri. Para oposisi menuduhnya telah melakukan korupsi dan bertanggungjawab atas pembunuhan terhadap seorang wanita yang merupakan istri dari rekannya. Meski begitu, Najib membantah tuduhan tersebut.

Setelah menyampaikan pidatonya, Abdullah disambut oleh Mahathir yang untuk pertamakalinya dalam empat tahun terakhir menghadiri kongres partai tersebut. Abdullah juga menyatakan bahwa ia akan beristirahat dari dunia politik, tetapi akan tetap berkontribusi untuk partai.

“Saya tidak akan menghilang dan pergi ke dunia lain,” kata Abdullah. “Saya akan aktif di parlemen sebagai penegak hukum, tetapi tidak akan mengambil peran di pemerintahan Najin,” ucapnya.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024