KPU DKI Targetkan Undangan Sebelum Pemilu

VIVAnews - KPU DKI Jakarta menargetkan penyerahan undangan untuk pemilih akan segera didistribusikan paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara dilangsungkan pada 9 April mendatang.

"Surat undangan harus diberikan supaya pemilih tahu di TPS mana mereka akan memilih," kata Ketua KPU DKI Jakarta Juri Ardiantoro, di Balaikota Senin 2009.

Semua undangan harus segera didistribukan , karena dalam pemilu kali ini KPU tidak lagi menyediakan kartu pemilih.
Nantinya surat undangan yang diberikan kepada pemilih  dicocokkan dengan KTP yang dimiliki pemilih.

Namun, Juri mengatakan, bagi mereka yang tidak memiliki undangan tetap bisa menggunakan hak pilihnya asalkan terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Kalau tidak punya undangan tapi terdaftar di DPT tetap bisa memilih," tegas Juri.

Dengan demikian, Juri pun berharap  100 persen warga DKI menggunakan hak pilihnya. "Pada pemilihan sebelumnya, Pemiliha Kepala Dearah, pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 66,46 persen dari 5,6 juta pemilih," kata Juri.

Juri menambahkan, saat ini, pemilih yang terdata dalam Daftar Pemilih tetap (DPT) di Jakarta sebanyak 7.026.772 pemilih. Di antaranya sebanyak 3.346.135 adalah pemilih perepuan.

Juri menambahkan, para pemilih akan mencontreng calon legislatif di 16982 tempat pemungutan suara. "Masing-masing TPS terdiri dari sekitar 450 pemilih," ujarnya.

Menurut Juri, di DKI Jakarta tidak ada permasalahan soal DPT.

Dia menjelaskan untuk sebelum DPT ditetapkan, pihaknya sudah menyebarkan pada partai-partai politik. "Tapi, pada saat itu, parpol-parpol tidak ada yang merespon," ujarnya.

Dia lalu menyebutkan, bila ada parpol yang memprotes DPT yang sudah ditetapkan saat ini, bisa saja. "Tapi, tergantung dari jenis protesnya, kalau hanya menghapus nama yang terdaftar dua kali, bisa saja," kata dia.

"Namun, kalau penambahan DPT, sudah tidak bisa," ujarnya.

Fakta Menyakitkan di Balik Kegagalan Timnas Indonesia Tembus Olimpiade
Chand Kelvin Dan Dea Sahirah

Chand Kelvin Angkat Bicara Soal Acara Lamarannya, Dipenuhi Perasaan Haru Bahagia

Baik Chand Kelvin maupun Dea merasa bahwa tanggal 5 Mei 2024 adalah saat yang tepat dan pas untuk mereka menggelar acara lamaran.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024