Sistem Investor Area Bisa Diterapkan Bertahap

VIVAnews - Penerapan sistem investor area berpotensi dilakukan bertahap jika kesiapan anggota bursa (AB) minim. Meski demikian, otoritas bursa berharap investor area bisa dilakukan serentak untuk semua AB.

Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI), Erry Firmansyah, mengatakan, saat ini Self Regulatory Organizations (SRO) sedang menabulasi hasil kuesioner kesiapan AB.

"Kami ingin melihat apakah investor area dilakukan bertahap atau sekaligus," kata dia saat ditemui di gedung bursa efek, Jakarta, Senin 30 Maret 2009.

Erry mengungkapkan, pilihan penerapan secara bertahap sudah disetujui AB. Sebab, sistem tersebut akan terlalu lama menganggur jika menunggu kesiapan dari seluruh AB.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Namun, BEI berharap investor area bisa dilakukan serentak, sehingga semua AB bisa setara. "Tapi kalau tidak memungkinkan, bertahap dulu," tutur dia.

Meskipun investor area dilakukan bertahap, menurut Erry, AB harus diberi batasan waktu yang jelas untuk mengaplikasikan sistem tersebut.

Dia mengatakan, keputusan pelaksanaan investor area akan diumumkan setelah hasil tabulasi kuesioner AB rampung. Kuesioner tersebut merupakan tanggapan dari AB setelah menguji sistem investor area hingga dua kali.

Sebelumnya, pelaksanaan investor area terhambat karena masih banyak AB yang belum menyiapkan sistem internalnya untuk menerapkan investor area.

Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024