DPR: Jika Indover Bangkrut, Citra RI Rusak

VIVAnews - Panitia Anggaran DPR menilai langkah membangkrutkan Indover Bank akan merusak citra Indonesia.

"Kalau dibangkrutkan justru akan membawa penyakit ke seluruh Republik," ujar Emir Moeis, Ketua Panitia Anggaran DPR di sela-sela pembahasan nasib Indover di Komisi Keuangan DPR, Jakarta, Rabu, 22 Oktober 2008. "Indonesia akan sulit menjual obligasi di luar negeri."

Saat ini, Indover bukan hanya memiliki pinjaman kepada kreditor luar negeri. Kepada 43 bank domestik, Indover juga mempunyai kewajiban senilai Rp 650 miliar.

Secara umum akan timbul persepsi negatif dari pelaku pasar, baik domestik dan internasional atas kredibilitas Bank Indonesia sebagai pemegang saham tunggal, sekaligus otoritas moneter dan perbankan, khususnya saat situasi bergejolak.

Kebangkrutan Indover juga dianggap berpotensi menurunkan rating lembaga keuangan Indonesia. Asuransi gagal bayar kredit atas pinjaman luar negeri Indonesia juga akan semakin mahal. Selain itu, pasar bisa mempersepsikan default Indover sebagai gagal bayar Bank Indonesia.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main
Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024