Dua WNI Hilang di Australia

Keluarga Dean dan Rudi Sudah di Australia

VIVAnews - Dua warga negara Indonesia yang hilang di Australia, Dean Lesmana dan Rudi dipastikan menjadi korban peristiwa kebakaran hebat di negara bagian Victoria, Australia. Menurut Juru Bicara Polisi, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira mengatakan identifikasi jenazah keduanya berdasarkan DNA yang dikirim Polri.

"DNA itu match dengan DNA dari kedua jenazah yang ditemukan dalam mobil Honda Jazz yang berada sekitarĀ  4 kilometer dari Marysville," kata Abubakar di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 1 April 2009.

Informasi dari Kepolisian Victoria, Australia diterima ketua tim identifikasi Polri, Komisaris Besar Mussadeq Ishaq pada Jumat 27 Maret 2009 sekitar pukul 10.00. Informasi tersebut lantas diteruskan ke Konsulat Jenderal RI di Melbourne, supaya jenazah segera diurus. "Belum diketahui apakah akan dikremasi disana atau di Indonesia. Tapi keluarga sudah di sana," tambah Abubakar.

Sebelumnya, kepastian bahwa Dean dan Rudi menjadi korban dalam musibah kebakaran diketahui VIVAnews dari Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Departemen Luar Negeri, Teguh Wardoyo. Menurutnya jenazah keduanya sedang diurus oleh perwakilan departemen luar negeri di Australia. Jenazah, kata Teguh, kemungkinan akan dibawa ke Indonesia.

Dua warga negara Indonesia, Rudi dan Dean Lesmano dilaporkan hilang dalam peristiwa kebakaran hebat di Negara Bagian Victoria, Australia. Hilangnya dua WNI itu atas laporanĀ  Juliana, kakak Rudi, yang mengaku telah putus kontak dengan adiknya dan Dean Lesmana sejak Sabtu 7 Februari 2009.

Ratusan titik api membakar Victoria sejak 7 Februari lalu. Suhu udara saat itu mencapai 47 derajat Celsius dengan kecepatan angin 100 kilometer per jam. Sebanyak 210 orang tewas dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran hutan ini.

Saat ini api yang membakar Victoria berangsur padam, pemerintah Australia sedang mempersiapkan penguburan massal bagi korban yang tak teridentifikasi.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024