BI Rate Masih Berpeluang Turun Lagi

VIVAnews - Bank Indonesia menurunkan kembali suku bunga acuan (BI rate) sebesarĀ  25 basis poin menjadi 7,50 persen. Ke depan, BI rate masih berpeluang menurun.

"Kita melihat room (ruang) untuk penurunan masih ada, tekanan inflasi, khususnya masih sesuai dengan perkiraan kita yang akan turun terus," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi A Sarwono di Gedung BI, Jakarta, Jumat 3 April 2009.

Namun, lanjut Hartadi, BI masih perlu melakukan monitoring secara terus menerus dari waktu ke waktu agar peluang penurunan kian terbuka lebar. "Dengan penurunan kita berharap bisa menstimulasi perkembangan kredit yang diharapkan suku bunganya bisa lebih rendah lagi," kata Hartadi.

Penurunan BI rate kali ini dilakukan setelah BI mencermati dan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap perkembangan ekonomi dan keuangan di dalam dan luar negeri.

BI mengambil kebijakan menurunkan suku bunga sejak empat bulan terakhir. Penurunan pertama dilakukan pada Desember 2008. Saat itu suku bunga acuan turun 0,25 basis poin dari 9,50 persen menjadi 9,25 persen. Pada Januari 2009 suku bunga turun menjadi 8,75 persen, Februari menjadi 8,25 persen dan Maret lalu tercatat 7,75 persen.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024