Butuh Rp 117 M untuk Renovasi Pantai Padang

VIVAnews - Dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk mempercantik tempat wisata pantai Padang, Sumatera Barat. Untuk itu, pemerintah daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp 117 miliar untuk memugar dan membangun sejumlah fasilitas.

Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi, sumber dana restrukturisasi Pantai Padang berasal dari APBN sebesar Rp 108 miliar sedangkan sisanya sebesar Rp 9 miliar dianggarkan Pemko Padang. “Kami berharap tahun ini proyek tersebut rampung dikerjakan,” ujar Gamawan Fauzi.

Sejauh ini, perbaikan fasilitas pantai Padang termasuk menyiapkan pembangunan rusunawa (rumah susun), pembangunan jembatan, dan sejumlah pendukung fasilitas umum lainnya. Sejumlah reefwal akan dibangun di sekitar pantai yang berfungsi sebagai pemecah gelombang.

Menurut Gamawan, proyek mempercantik Pantai Padang menjadi target pemerintah daerah tahun ini. “Bagaimanapun Padang merupakan gerbang masuk ke Sumatera Barat,” ungkapnya. Menurutnya, pembanguan sejumlah fasilitas tersebut tidak akan merugikan perkampunga nelayan yang berada di kawasan Pantai Purus.

Sejauh ini, proses tender proyek perbaikan Pantai Padang telah memasuki proses tender. Walikota Padang Fauzi Bahar berharap program tersebut mampu berjalan sesuai target. “Anggaran Rp 9 miliar yang kita cadangkan itu bisa digunakan untuk pembebasan lahan,” ujar Fauzi.

Sebelumnya, Fauzi sempat menawarkan sejumlah mega proyek untuk merelokasi Pantai Padang. Konsep Padang Bay City (PBC) yang sempat digembar-gemborkan beberapa tahun silam hingga kini belum terealisasi. Terakhir, penanganan mega proyek PBC telah masuk ke tahap studi kelayakan.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2
WhatsApp.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Apple dikabarkan telah menghapus beberapa platform komunikasi populer dari App Store di China, atas permintaan pemerintah Tiongkok. Salah satu aplikasinya adalah Whatsapp

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024