Pemilu, Penjualan Tekstil Naik 15%

VIVAnews - Pemilihan Umum membawa berkah bagi industri dalam negeri. Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan terjadi peningkatan penjualan 10 hingga 15 persen. 

"Order sebagian besar untuk spanduk, kaos, dan bendera," kata Sekretaris Jenderal API Ernovian G. Ismy kepada VIVAnews, pekan ini. Derasnya order Pemilu, mulai terlihat sejak akhir 2008.

Untuk mengetahui secara persis berapa nilai peningkatan penjualan karena order Pemilu, menurut dia, bisa diketahui dari pajak pertambahan nilai (PPN) penjualan dalam negeri. "Paling gampang melihatnya memang dari data pajak karena kalau ditanyakan satu per satu ke industri tekstil pasti sulit," ujarnya. "Anggota API lebih dari 800 perusahaan."

Ketua Umum API Benny Soetrisno mengatakan, industri diinstruksikan menerima pembayaran order sebelum pengerjaan. Ini supaya tidak merugikan industri.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Dia juga berharap, putaran pemilihan presiden dua kali, sehingga order tekstil yang mengalir semakin banyak.

Benny membenarkan pemilu mendongkrak penjualan tekstil nasional. "Meski termasuk produk murah berupa filamen, tapi ada agregat yang bergerak di situ," katanya.

Benny menargetkan order Pemilu akan mencapai Rp 5 triliun untuk belanja tekstil dan produk tekstil. Menurut dia, salah satu partai baru memesan 5 juta kaos dari produsen di Bandung yang harga tiap kaosnya Rp 5 ribu - Rp 7 ribu. Selain itu, PT Guccitex Bandung juga kebanjiran order hingga 400 ribu bendera salah satu partai.

Ernovian tidak menepis atribut partai politik juga beberapa ada yang diimpor. "Cukup banyak juga produk impornya," katanya. Karena itu, pemerintah juga perlu mendorong penggunaan produk lokal untuk pelaksanaan Pemilu.

Inpres Nomor 2/2009 tentang peningkatan penggunaan produk dalam negeri, menurut dia, harus segera dikeluarkan petunjuk teknis seberapa besar tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk impor yang ditoleransi.

Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024