Tumbuhan Suka Mendengarkan Musik

VIVAnews - Bukan saja manusia saja yang suka mendengarkan musik, tumbuhan ternyata juga suka mendengarkan musik. Terutama musik instrumental atau alunan alat musik saja tanpa penyanyi.

Bahkan, musik juga berpengaruh pada perkembangan tumbuhan. Peneliti Jepang pernah melakukan eksperimen untuk melihat bagaimana respon tumbuhan saat diperdengarkan musik.

Tumbuhan pertama diperdengarkan musik klasik, dan tumbuhan kedua diperdengarkan musik rock. Hasilnya, tumbuhan yang diperdengarkan musik klasik tumbuh dengan subur dan sebaliknya, tumbuhan yang diperdengarkan musik rock pertumbuhannya tidak sempurna bahkan mati.

Bahkan, sebuah perusahaan Jepang menciptakan alat elektronik yang bisa melihat respon tumbuhan saat diperdengarkan musik. Alat tersebut dinamakan Plantone.

Plantone memiliki dua lampu dan dua jepit sensor yang ditempelkan pada daun. Tumbuhan akan diperdengarkan musik dan ditempelkan Plantone.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Jika lampu warna merah yang menyala, tandanya tumbuhan merespon secara positif musik yang diperdengarkan. Tetapi, jika lampu hijau yang menyala berarti tumbuhan tidak merespon musik yang diperdengarkan.

Menpora Dito bertemu dengan Menteri Pendidikan UEA Ahmad Belhoul Al Falasi

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Menpora Dito bertemu dengan Menteri Ahmad Belhoul yang menyampaikan dukungan dari UEA kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024