Riset CIMB-GK Securities

Strategi Long untuk Antam, Inco Short

VIVAnews - PT CIMB-GK Securities Indonesia merekomendasikan strategi long untuk saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan short bagi PT International Nickel Indonesia Tbk (INCO).

"Kami percaya outlook harga emas dalam jangka menengah masih baik," kata Direktur CIMB-GK Securities Indonesia, William Henley, dalam risetnya tentang Aneka Tambang dan Inco edisi Rabu 8 April 2009.

Menurut dia, Antam memiliki pertumbuhan dan margin yang lebih baik dibanding pemain industri nikel lainnnya seperti Inco. "Rally saham Inco beberapa hari terakhir sulit dijustifikasi. Outperform IHSG sekitar 24-25 persen (year to date), sedangkan Antam 10-30 persen (premium)," ujar dia.

Sementara itu, premium gap juga sedang tinggi (saat ini 140 persen dibanding historical 40 persen), dan akan kembali normal. "Untuk itu, kami merekomendasikan switch ke Antam yang saat ini masih dalam diskon," tuturnya.

Induk usaha Inco, Vale, juga lebih menarik dibanding Inco karena lebih besar dan aset terdiversifikasi

Selain itu, Antam merupakan hedge bet karena didukung oleh bisnis emas, dan masih akan diuntungkan apabila bisnis nikel kembali pulih. Antam akan memiliki marjin dan pertumbuhan yang lebih baik karena kenaikan harga emas

Logam dasar industri seperti nikel, timah, dan tembaga mendapatkan momentum setelah data Purchasing Managers' Index (PMI) China yang positif pada Maret 2009 serta komitmen dana yang besar dari G-20

"Pada nikel, kami melihat recovery dari permintaan stainless steel di China,
serta mulai membaiknya sales order dan kapasitas pabrik karena stimulus," ujarnya.

Namun, China hanya mengonsumsi 23 persen nikel dunia, sehingga reli akhir-akhir ini belum terlihat stabil.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024