Harga Pertamax Bisa Lebih Rendah dari Premium

VIVAnews - Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics dan Finance (Indef) Ikhsan Modjo mengatakan, tren penurunan harga minyak mentah dunia membuka peluang harga bahan hakar minyak (BBM) bukan bersubsidi atau BBM industri, seperti pertamax, lebih rendah dari harga BBM bersubsidi, seperti premium.

"Karena perhitungan harga BBM industri selama ini dipatok mengikuti harga minyak internasional,"ujar dia di sela Seminar Ketahanan Energi, Sektor Keuangan dan Alternatif Pendanaan, di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta Kamis 23 Oktober 2008.

Ikhsan menambahkan, seandainya prediksi ini benar-benar terjadi, merupakan momentum bagi pemerintah untuk memberi dorongan kepada sektor riil dengan dukungan infrastruktur yang memadai. Sebab, jika sektor riil dapat tumbuh dengan baik bisa akan mkenciptakan lapangan kerja yang berimbas pada berkurangnya angka kemiskinan.

Ikhsan menandaskan, terus turunnya harga minyak mentah dunia pemerintah segera menurunkan harga BBM subsidi, sehingga kelebihan subsidi energi bisa dialokasikan untuk sektor pangan dan pembangunan infrastruktur.

"Dari dulu permasalahan kita kan selalu pada sektor energi, pangan, dan infrastruktur yang kurang memadai," tandas dia.

Mengungkap Misteri: 4 Zodiak Paling Rumit dalam Astrologi
Pemain Arsenal, Leandro Trossard jebol gawang FC Porto

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Leandro Trossard menegaskan bahwa Ben White bermaksud mencetak gol keduanya dalam kemenangan Arsenal atas Chelsea, meskipun ada pertanyaan apakah itu sebuah kesalahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024