SBY Pulang dari KTT ASEAN

KTT Batal, Pesawat Kevin Rudd Putar Balik


VIVAnews - Pilot pesawat Perdana Menteri Australia Kevin Rudd terpaksa memutar balik karena perubahan tujuan. Sebelumnya Rudd dijadwalkan mengikuti pertemuan negara-negara anggota Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN) dan beberapa negara lainnya. Namun memanasnya aksi unjuk rasa anti-pemerintah membuat Rudd mengurungkan niatnya.

Sekitar 1.000 pengunjuk rasa merangsek masuk tempat pertemuan para pemimpin ASEAN dan negara lainnya di hotel Royal Cliff Beach di Pattaya, Thailand pada Sabtu (11/4). Juru bicara pemerintah Thailand Supachai Jaisamuth mengatakan situasi Pattaya terlalu rawan untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi.

Sejumlah kepala negara telah meninggalkan lokasi, antara lain presiden Filipina Gloria Arroyo. Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono juga telah meninggalkan Thailand setelah sempat tertahan selama dua jam di bandara U Tapao Rayong.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Perdana menteri Thailand Abhisit Vejjajiva telah mengumumkan keadaan darurat di Pattaya dan sekitar provinsi Chonburi. Pertemuan para pemimpin juga dibatalkan. Laman stasiun televisi ABCNews Australia memberitakan pemerintah Thailand akan melanjutkan konferensi dalam dua hingga tiga bulan mendatang.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa telah membatalkan sejumlah pertemuan antara beberapa pemimpin ASEAN, China, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru. Aksi unjuk rasa anti-Abhisit ini telah berlangsung sejak Rabu (8/4).

Sejak Perdana Menteri Thaksin Sinawatra digulingkan pada 2006, politik Thailand tidak pernah benar-benar stabil. Dalam pemilihan umum yang dilaksanakan satu tahun setelah tentara menjalankan pemerintahan transisi, pendukung Thaksin meraih suara terbanyak dan membentuk pemerintahan koalisi.

Namun, pada akhir tahun lalu, pengunjuk rasa dari Partai Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) menduduki sejumlah kantor pemerintahan dan Bandar Udara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok. Tampuk kepemimpinan pun pindah ke tangan Abhisit.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyatakan, Smelter di Gresik, Jawa Timur, siap beroperasi pada Juni 2024. Sedangkan, target mulai produksi pada Agustus dengan kapasitas 50%

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024