Kronologis Kerusuhan di Alor

VIVANews - Kerusuhan antar kelompok pemuda di Alor, Nusa Tenggara Timur, menyebabkan sejumlah warga terluka. Kerusuhan ini terjadi di saat umat Kristiani di Alor merayakan Paskah.

Salah seorang saksi mata menjelaskan, bahwa kerusuhan itu terjadi sejak Minggu 12 April 2009 malam. "Di panggung halaman Gereja Pola Tribuana Kalabahi sedang berkumandang lagu-lagu Paskah, sedangkan di kawasan Markas Kepolisian Resort Alor yang berbatasan dengan wilayah Kelurahan Wetabua, tak jauh dari Gereja Pola Tribuana, terdengar bunyi tembakan berulang kali," kata Linus Kia, Senin 13 April 2009.

Saat bersamaan, anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari beberapa kecamatan sementara mengangkut kotak suara pemilu ke Kalabahi. "Mereka terjebak di tengah bentrokan massa. Untungnya, pengangkut kotak suara tidak menjadi sasaran amuk massa," jelasnya.

Namun, seorang pemuda yang diketahui bernama Iwan Holo, anak salah satu tokoh masyarakat kampung Bunga Waru Kalabahi, terkapar diterjang anak panah di bagian pinggul sebelah kiri. "Anak panah tertancap di tulang pinggul Iwan sehingga nyawanya selamat setelah menjalani perawatan intensif di UGD RSUD Kalabahi," kata Linus.

Seorang pemuda lain, bernama Hery, luka serius di pelipis kanan terkena lemparan batu. Dua anggota Polres Alor, Jusuf dan Ferdinandus Ati pun dilarikan ke UDG RSUD Kalabahi karena terkena lemparan batu di bagian wajah.

Tawuran antara pemuda itu melibatkan pemuda di sekitar Pasar Inpres Kalabahi. Aparat kepolisian yang melakukan pengamanan, justru menjadi target serangan kelompok pemuda Wetabua, salah satu kubu yang bertikai. Kelompok pemuda Wetabua, sempat menyerang Markas Polres Alor dengan batu.

Serangan ini, membuat Kapolres Alor, AKBP Edy Yudianto, langsung mengeluarkan perintah siaga satu. Massa yang yang terlibat bentrok, dibubarkan. Namun situasi sampai dengan Senin malam, masih mencekam. Aparat TNI dari Kodim 1622 Alor diterjunkan untuk membantu mengendalikan situasi.

Bahkan, Dandim 1622 Alor, Letkol (Kav) Syiachrical E.Siregar terjun langsung memback up aparat Polres Alor yang diserang kelompok pemuda Wetabua. Sebuah sepeda motor milik anggota Polres Alor dibakar pemuda Wetabua. Mobil Kapolres Alor pun terkena lempara batu. Kaca depan mobil Dalmas Polres Alor pun pecah berantakan.

Kerusuhan berlanjut Senin. Menurutnya, kelompok pemuda yang bertikai saling menyerang dengan batu dan anak panah. Toko-toko dan kios-kios pun tutup.

Para pemilik dan penjaga toko serta penjual di pasar lari menyelamatkan diri. Sampai saat ini, aktfitas di Pasar Inpres Kalabahi lumpuh total. Suasana kota mencekam.

Kerusuhan ini juga menyebabkan pawai Paskah yang dikoordinir Gereja Ikhtus Puildon Kalabahi yang mengambil start di Stadion Bola Kaki Batunirwala Kalabahi dan finish di Stadion Mini Kalabahi pun dibatalkan. Aparat keamanan yang berupaya mengendalikan situasi berhasil membekuk 16 pemuda yang diduga sebagai otak perusuh.


Laporan: Jemris Fointuna | Kupang

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024