Ombak 2,5 Meter Ancam Nelayan di Bengkulu

VIVAnews - Ketinggian gelombang di wilayah perairan Bengkulu berkisar 1,5 meter hingga maksimal 2,5 meter, membahayakan bagi kapal tongkang dan perahu nelayan.

Analis cuaca pada Stasiun Klimatologi KL II Pulau Baai, Bengkulu, Eliyah Ulfah di Bengkulu, Senin menjelaskan, gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi dalam kurun 24 jam, mulai Selasa 14 April 2009  jam 07.00 WIB sampai Rabu, 15 April 2009 pukul 07.00 WIB.

Menurut dia, gelombang besar dengan ketinggian yang sama juga berpeluang terjadi di perairan Pulau Enggano, berjarak 90 mil dari Kota Bengkulu, dalam kurun waktu tersebut.

Selain itu, juga berpotensi terjadi di Samudera Hindia barat daya Bengkulu dan Samudera Hindia barat daya Pulau Enggano.

Dengan kondisi tersebut, ia menghimbau agar kapal tongkang dan nelayan yang akan berlayar di kawasan perairan Bengkulu dan Pulau Enggano untuk berhati-hati, karena gelombang besar yang membahayakan sewaktu-waktu bisa terjadi.

Kondisi angin, menurut dia, di wilayah Samudera Hindia barat daya Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur sampai barat daya dengan kecepatan berkisar 10-20 knot per jam.

Sementara di wilayah perairan Bengkulu, angin diperkirakan bertiup dari arah timur sampai barat daya dengan kecepatan antara 5-15 knot per jam.

Keadaan cuaca Bengkulu, menurut Eliyah, diperkirakan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

Untuk kondisi suhu udara, menurut dia, berkisar 24-32 derajat celcius dengan tingkat kelembaban udara antara 69-97 persen.

Pada citra satelit, kata dia, terlihat adanya tekanan rendah di Samudera Hidia barat daya Bengkulu. (tvone)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024