Pengangkatan 9 Hakim Tipikor

ICW Akan Somasi Ketua Mahkamah Agung

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch akan mengajukan somasi kepada Ketua Mahkamah Agung, Harifin Tumpa. Somasi ini terkait dengan pengangkatan sembilan hakim untuk menangani perkara di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

"Kamis ini kami akan ajukan somasi," kata anggota Badan Pekerja ICW, Emerson Yuntho, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 14 April 2009. "Kami meminta agar Ketua MA segera membatalkan pengangkatan sembilan hakim tipikor itu."

Berdasarkan surat keputusan Ketua Mahkamah Agung bernomor 041/KMA/SK/III/2009, MA mengangkat sembilan hakim yang akan menangani perkara di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Mereka adalah Panunsunan Harahap, Nani Indrawati, Reno Listowo, Jupriadi, Subahran, Cok Suamba, Sarifudin Umar, Herdi Agustin, dan FX Jiwo Santoso.

Mereka menggantikan Hakim Pengadilan Tipikor, yang terdiri dari: Gusrizal (dipromosikan menjadi: Ketua PN Bogor), Kresna Menon (Ketua PN Bandung), Sutiono (Wakil Ketua PN Sumedang), Teguh Haryanto (Wakil Ketua Tulungagung), Moefri (Wakil Ketua PN Sampit), Martini Mardja I (Wakil Ketua Kayu Agung).

Menurut Emerson, Ketua MA seharusnya melakukan penambahan hakim untuk ditempatkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Karena, perkara-perkara di Pengadilan Tipikor itu sudah mulai banyak. "Seharusnya yang dilakukan bukan penggantian, tapi penambahan. Karena ke depannya Pengadilan Tipikor akan dipenuhi kasus-kasus yang baru," jelasnya.

Selain itu, ICW juga meminta agar Mahkamah Agung membatalkan SK terhadap hakim-hakim yang dimutasi ke daerah itu.

Alasan lainnya, lanjut Emerson, enam dari sembilan hakim yang baru diangkat itu pernah membebaskan terdakwa kasus-kasus korupsi. "Kami khawatir, nantinya kebiasaan enam hakim itu akan melemahkan Pengadilan Tipikor," ujarnya.

Mengenai kedatangan ke KPK, Emerson menjelaskan, mereka bertemu dengan Wakil Ketua Bidang Pencegahan KPK, M Jasin. Dalam pertemuan, ICW meminta agar KPK mengingatkan Ketua MA mengenai komitmen pemberantasan korupsi.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024