Pemerintah Siapkan Modal Bagi Wirausaha Baru

VIVAnews - Pemerintah tengah menyiapkan konsep permodalan bagi wirausaha baru yang dibina inkubator masing-masing perguruan tinggi.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

"Jadi semacam start up bussiness fund untuk alumni inkubator," kara Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Departemen Perindustrian Fauzi Aziz di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 14 April 2009.

Fauzi memperkirakan, modal usaha itu dapat diambil dari mekanisme kredit usaha rakyat atau anggaran Departemen Perindustrian untuk tahun anggaran 2010. "Ini masih dalam tahap usulan," ujarnya. 

Konsep serupa, menurut Fauzi, sudah dikembangkan di negara Thailand. Jadi bisa dimaklumi kalau pengembangan inkubator di sana maju pesat karena dilakukan tidak parsial.

Fauzi mencontohkan jika setiap tahun program inkubator bisa menciptakan 10 orang wirausaha baru di masing-masing provinsi, maka di seluruh Indonesia akan lahir 330 pengusaha baru. "Kalau 1 orang diberi modal Rp 200 juta saja, pemerintah hanya perlu mengeluarkan Rp 60 miliar. Itu jumlah yang kecil dibandingkan aktivitas ekonomi nasional yang terus bergerak," ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga tengah membentuk proyek percontohan di beberapa daerah potensial untuk mengembangkan industri kecil dan menengah, terutama di sektor pangan.

"Proyek ini akan menjadi acuan dan rujukan yang bia dijadikan tempat pembelajaran bagi komunitas industri kecil dan menengah yang notabene sebagian besar industri rumah tangga," kata Fauzi. 

Beberapa daerah yang tengah dikembangkan yakni Ciamis, Cirebon, Purwokerto, Sidoarjo, Sumatra Barat, dan Sulawesi Tengah.

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024