Pemilu 2009

DPD Golkar 'Makan Siang' di Kediaman Kalla

VIVAnews - Suasana di kediaman Jusuf Kalla di Kawasan Menteng, Jakarta ramai siang ini. Beberapa petinggi Golkar daerah mulai mendatangi rumah sang ketua umum Partai Golkar itu.

"Semua DPD [akan datang]," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Bangka Belitung, Dipa Malik kepada wartawan di kediaman Kalla, Kamis 16 April 2009.

Namun, Dipa tak mau mengungkap apa sebenarnya agenda pertemuan pukul 13.00 siang ini. "Kayaknya cuma makan siang," tambah dia, sambil tersenyum.

Sebelumnya, Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat Uu Rukmana mengatakan para Ketua Dewan Pimpinan Daerah Tingkat I (DPD I) Partai Golkar akan menemui Kalla pada Kamis siang. Mereka, kata Uu, hanya ingin melakukan pertemuan dengan Jusuf Kalla saja tanpa disertai pimpinan DPP Golkar yang lain.

Uu juga mengatakan para Ketua DPD I tidak ingin ada pimpinan DPP Golkar lain yang terlibat dalam pertemuan tersebut. “Kami hanya ingin bertemu Pak Jusuf Kalla. DPD I tidak mau ada (pimpinan) DPP,” kata Uu, Rabu 15 April 2009.

Hari ini, Partai Golkar juga akan menggelar rapat konsultasi untuk mengevaluasi perolehan suara pada pemilu legislatif. Rapat digelar Kamis malam pukul 19.00 di kantor DPP Partai Golkar. Pertemuan di luar AD/ART Partai Golkar itu akan dihadiri sejumlah ketua dan sekretaris DPD I, pengurus harian DPP dan penasihat Partai Golkar.

Hasil penghitungan cepat pemilu legislatif menciptakan konflik internal di tubuh Partai Golkar. Sebagian DPD I tetap menghendaki ketua umumnya, Jusuf Kalla, sebagai calon presiden. Sebagian lagi kembali mendukung duet Yudhoyono-Kalla.

Berdasar hasil penghitungan cepat pemilu legislatif, Golkar hanya meraih sekitar 14  persen suara, jauh di bawah Partai Demokrat yang mendapat sekitar 20 persen. Kondisi ini tentu membuat partai beringin mengubah sejumlah strategi politik.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024