Cara Tepat Mengusir Debu

Debu di rumah
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Menjadikan rumah bebas debu memang tidak mudah. Meski begitu, kehadiran debu mesti diusir secara rutin agar tidak mengundang penyakit. Simak beberapa masalah yang umum terjadi akibat debu, akan memberikan solusi!

1. Rumah di pinggir jalan 
Solusi: Pertama-tama, agar asap knalpot dari kendaraan bermotor dan debu jalanan tidak langsung masuk ke rumah, Anda bisa menutup rapat-rapat kawat nyamuk di bagian kusen pintu rumah. Tapi, supaya ruangan tertutup tersebut tidak lembab, Anda bisa memasang AC di dalam ruangan.

Dan, agar sirkulasi udara masih bisa keluar masuk dengan baik, sebaiknya, Anda memiliki pintu atau jendela lain di belakang rumah, yang letaknya cukup jauh dari pinggir jalan. Jadi, jika Anda butuh sirkulasi udara, pintu dan jendela dapat langsung dibuka. 

Selain itu, perbanyak tanaman di halaman rumah. Jika tidak punya lahan, Anda bisa menanam tanaman di pot-pot bunga. Pilih tanaman yang banyak daunnya. Debu yang bertebangan akan menempel di daun-daun, dan langsung diserap daun.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

2. Rumah tertutup, debu tetap menumpuk
Solusi: Rumah tertutup bukan berarti bebas debu. Jika letak rumah jauh dari lalu lalang kendaraan bermotor, justru sebaiknya sering dibuka, agar udara segar masuk. Sirkulasi udara bisa jadi malah akan membuat debu yang lama menumpuk dalam rumah, terbawa angin ke luar rumah. Selain itu, buka lebar-lebar jendela rumah di siang hari. Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah bisa menghambat jamur dan tungau berkembang biak.

3. Alergi debu
Solusi: Bersihkan kamar secara teratur. Saat membersihkan ruangan, gunakan lap basah atau vacuum cleaner.Minimalkan bahan yang disukai tungau dan mengondisikan suhu serta kelembapan ruangan. Debu tungau debu dapat hidup subur di tempat yang lembap, gelap, dan hangat. Suhu 25-30 derajat Celsius dan kelembapan 70-80 persen optimal untuk pertumbuhan tungau.

Karena itu, usahakan kamar dalam kondisi terang dan kering. Caranya, biarkan sinar matahari masuk melalui jendela dan ventilasi. Pertukaran udara dapat menghilangkan kelembapan. Selain itu, alat pendingin ruangan dapat dimanfaatkan. Pemakaian AC mempertahankan kelembapan di bawah 35 persen.

Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024