Jadwal 8 Besar Copa Indonesia Belum Aman

VIVAnews - Tak hanya kompetisi reguler yang terkena imbas masa pemilihan umum (Pemilu) tahun ini. Copa Indensia yang menjadi turnamen sepakbola terakbar di Indonesia juga terancam tak bisa selesai sesuai dengan rencana.

Masa pemilu telah membuat pihak kepolisian di beberapa daerah sulit untuk mengeluarkan izin bagi beberapa pertandingan. Situasi kemanan menjadi alasan pihak bewajib menempuh langkah ini.

Akibat kebijakan ini, beberapa pertandingan di kompetisi nasional terpaksa dihentikan. Situasi ini pum merembet ke Copa Indonesia. Bahkan turnamen yang diikuti oleh tim-tim dari kasta tersebut terancam molor dari jawdal semula.

Rencananya, babak delapan besar Copa Indonesia bakal digelar pada medio Mei 2009. Namun Direktur Bidang Pertandingan, Badan Liga Indonesia (BLI) Joko Driyono mengaku pembatalan beberapa pertandingan yang terhadi di kompetis reguler akan memepengaruhi kelanjutan pada Copa Indonesia.

“Secara prinsip, Copa Indonesia 2009 sebetulnya tak mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya. Namun, konsekuensi kesulitan perizinan keamanan juga membayangi Copa. Apalagi, jadwal kompetisi reguler diputuskan untuk dipadatkan pada fase 7-31 Mei,” kata Joko kepada Artha Tidar, wartawan GOSport. Senin, 20 April 2009.

BLI memang masih memberi kesempatan bagi tuan rumah untuk mencari stadion alternatif bila tidak mendapat izin dari kepolisian setempat. Namun langkah ini tidak cukup mengingat padatnya jadwal kompetisi reguler.

"Padatnya jadwal kompetisi reguler sepertinya akan menyulitkan tim-tim yang lolos ke delapan besar untuk membagi waktu," tandas Joko.

Hal senada juga diungkapkan oleh klub asal Sumatra Utara, PSMS Medan. Markus Horisson dkk bahkan wajib berbagi konsentrasi di 3 even. Selain kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) dan Copa Indonesia, tim ayam kinantan juga disibukkan oleh ajang AFC cup.

“Kegiatan kompetisi dalam negri memang masih bisa kita hitung peluangnya. Namun, ajang AFC cup tidak bisa sembarangan menjalaninya, karena ini membawa nama negara."

"Kami makin bekerja ekstra keras, karena harus melewati babak 8 besar CDSSI 2009. Bisa dibayangkan, bagaimana sulitnya mengatur jadwal yang super padat seperti ini,” kata Catur Agus, legal officer PSMS.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024