Cawapres SBY

Yudhoyono Juga Butuh Chemistry

VIVAnews - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono menyebut lima syarat calon wakil presiden untuk mendampinginya. Namun, syarat itu bertambah setelah pertemuan Tim Lima Partai Keadilan Sejahtera dan Tim Sembilan Partai Demokrat.

Menurut Ketua Fraksi PKS, Mahfudz Siddiq, PKS mengusulkan ide 'haramnya' rangkap jabatan bagi calon wakil presiden pendamping Yudhoyono. Menurutnya, Demokrat ternyata menyambut baik gagasan tersebut.  Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Marzuki Alie, tambah dia, menyatakan bahwa cawapres tidak lagi rangkap jabatan ketua umum.

Secara terpisah, Marzuki Ali tak menegaskan syarat tambahan itu. "Ya, intinya sudah jelas lima kriteria yang kemarin diusung, ditambah yang chemistry cocok. Jadi, syaratnya sesuai kriteria dan chemistry," kata di di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jalan Imam Bonjol, Selasa 21 April 2009.

Ditambahkan dia, rata-rata partai yang menjajaki koalisi menyampaikan usulan wakil presiden. Sejauh ini, tambah Marzuki, baru PKB yang sudah menyatakan diri berkoalisi dengan Demokrat. "Yang sudah fulgar itu PKB, konsisten berkoalisi dengan Demokrat. Kemudian dengan PKS secara normatif sudah ada gagasan," tambah dia.

PKS, lanjut dia, masih menunggu keputusan 99 dewan syuro. "DPP sudah ketemu, sudah ada kecocokan gagasan koalisi lima tahun ke depan," kata dia. Bagaimana dengan Golkar? Menurut Marzuki sikap Golkar menunggu hasl rapat pimpinan khusus nasional di Sulawesi Selatan.

Seperti diberitakan, pertemuan Tim Sembilan Demokrat dengan Tim Lima PKS itu sudah berlangsung Senin (20/4) sore di Hotel Nikko, di Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Tim Sembilan Demokrat merupakan tim khusus untuk menyiapkan nama calon wakil presiden pendamping Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan Tim Lima PKS juga disiapkan untuk Pemilu Presiden.

Tim Lima PKS itu diketuai Presiden PKS, Tifatul Sembiring, dengan anggota anggota Ketua Majelis Pertimbangan Partai PKS Suharna Surapranata, Ketua Dewan Syariah Pusat PKS Surahman Hidayat, Ketua Fraksi PKS Mahfudz Siddiq, dan Ketua Dewan Pakar PKS Soeripto.

Tim Sembilan Demokrat itu sendiri terdiri dari Ketua Umum, Hadi Utomo, Sekretaris Jenderal, Marzuki Alie, Wakil Sekretaris Jenderal, Syarif Hasan, Ketua Badan Pemenang Pemilu, Yahya Secawirya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat, Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan Ruhut Sitompul, serta Jero Wacik, dan Hayono Isman.

Prabowo Keliling ke Rumah ke Para Kerabat di Hari Lebaran, Pengamat: Merangkul dan Beri Teladan
Imbauan peniupan modus online

Waspada Kejahatan Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Lebaran

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha menyampaikan bahwa nasabah juga harus tetap waspada dengan penipuan modus social

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024