Aturan Tender Pita Lebar Nirkabel Diumumkan

VIVAnews - Pemerintah secara resmi merilis tata cara dan jadwal pelaksanaan seleksi tender penyelenggaraan layanan pita lebar nirkabel atau wireless broadband.

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

"Berdasarkan Keputusan Menteri Kominfo No. 4/KEP/M.KOMINFO/1/2009 tentang Peluang Usaha Penyelenggaraan Layanan Pita Lebar Nirkabel (Wireless Broadband), pemerintah melalui Departemen Kominfo, cq. Ditjen Postel, akan melaksanakan seleksi penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis packet switched melalui pita frekuensi radio 2,3 GHz ," Ujar Kepala Humas Depkominfo Gatot S Dewabroto, melalui situs direktorat jendral postel, Senin 20 April 2009 malam.

Tender jaringan ini akan melelangkan dua blok frekuensi radio, yang masing-masing selebar 15 MHz. Yakni pada rentang frekuensi 2360-2375 MHz (blok 13) dan 2375-2390 (blok 14).

Seluruh blok tersebut akan digunakan di 15 zona yang membagi wilayah-wilayah Indonesia. Pemenang tender akan diberikan izin prinsip penyelenggaraan jaringan tersebut yang berlaku selama 10 tahun, dan dapat diperpanjang hingga 10 tahun berikutnya setelah dievaluasi.

Pemerintah juga memperbolehkan keikutsertaan penyelenggara jaringa atau jasa telekomunikasi yang memiliki saham asing, selama tidak melebihi dari 49 persen dari total saham, yang dihitung hingga tiga tingkat kepemilikan saham perusahaan tersebut.

Selain itu, penyelenggaran jaringan lokal berbasis packet switched yang menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz juga dikenakan ketentuan untuk menggunakan industri dalam negeri sekurang-kurangnya 30 persen untuk perangkat subscriber statio, dan 40 persen untuk base station yang digunakan.

Hal itu terkait dengan, upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri dalam negeri. Khususnya, tujuan dari kebijakan menteri dalam penyelenggaraan proses seleksi ini, yakni, "memajukan industri telekomunikasi nasional dalam bidang manufaktir maupun dalam bidang pendukung," seperti yang tertulis dalam memorandum informasi tender bwa di situs postel.

Pengumuman lelang sekaligus pengambilan dokumen lelang akan dilaksanakan pada 27 April 2009, rapat penjelasan diselenggarakan 5 Mei 2009, pengumuman hasil pra kualifikasi pada 18-22 Mei 2009, dan pelaksanaan lelang akan dilakukan pada 3-5 Juni 2009.

Setelah hasil lelang tercapai pada 5 Juni, dan melalu masa sanggah hingga 9 Juni, diharapkan penetapan pemenang dan hasil lelang akan didapat pada 10 Juni mendatang.

Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024