Menkeu Kesulitan Hadapi Pelarian Pajak

VIVAnews - Departemen Keuangan menghadapi masalah berat terkait reformasi perpajakan. Persoalan itu menyangkut kesulitan pemerintah menghadapi persoalan pelarian pajak keluar atau lolosnya pengusaha dari kewajiban membayar pajak.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan lembaga keuangan dunia saat ini menghadapi masalah yang sama soal pelarian pajak melalui transfer pricing. "Ini sekarang jadi topik yang hangat di India," kata Sri Mulyani di Bappenas, Jakarta, Rabu 22 April 2009.

Ia mengatakan banyak perusahaan yang berlokasi di negara-negara tax heaven masih beroperasi. Mereka bebas mengoperasikan perusahaan meski melakukan transfer pricing.

Forum G20, menurut Menkeu, beberapa waktu lalu telah menyinggung masalah tax heaven ini. "Sayangnya perusahaan yang melakukan ini, adalah perusahaan yang paham praktek baik dari sisi akuntansi maupun kelegalan pajak," ujarnya.

Karena itu, untuk mengejar pelaku-pelaku transfer pricing ini, Departemen Keuangan membutuhkan orang yang paham dan mengerti tentang seluk beluk tax heaven.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025
Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024