Kamboja Hargai Peran RI Wujudkan Perdamaian

VIVAnews - Pemerintah Kamboja menyampaikan terima kasih kepada Indonesia atas perannya mewujudkan perdamaian di Kamboja dan berbagai bantuan yang diberikan Jakarta kepada Phnom Penh, termasuk pelatihan militer. Ucapan terima kasih itu disampaikan langsung Raja Kamboja, Norodom Sihamoni, kepada Duta Besar (Dubes) Indonesia, I Gede Ngurah Swajaya.   

Sebagai duta besar baru mewakili Indonesia di Kamboja, Swajaya menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Sihamoni di Istana Raja di Phnom Penh, Rabu 22 April 2009. Turut menyaksikan adalah Wakil Perdana Menteri Kamboja, Koh Sam Ol, dan Menteri Senior Kerajaan, Kuy Sophal.  

"Raja Kamboja menyampaikan salam hangat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas bantuan Indonesia mewujudkan perdamaian di Kamboja dan atas komitmen pemerintah RI untuk meningkatkan kerjasama khususnya dalam memberikan bantuan pelatihan militer, beasiswa dan pengembangan sumber daya manusia kepada Kamboja," demikian pernyataan tertulis Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Phnom Penh kepada VIVAnews, Kamis 23 April 2009.

KBRI Phnom Penh juga mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia dan Kamboja selama ini berjalan dengan baik, khususnya di bidang budaya. Kedua negara telah mempunyai Nota Kesepahaman Cultural Cooperation dan  Sister Temple Province (Borobudur, Jawa Tengah - Angkor Wat, Siem Reap).

Kedua negara sama-sama menjadi peserta insiatif "Trail of Civilization" untuk mendorong kerjasama pariwisata dan budaya.

Sementara itu nilai ekspor perdagangan RI ke Kamboja setiap tahun senantiasa mengalami peningkatan, meskipun jumlahnya tidak signifikan dan beberapa pengusaha Indonesia juga telah melakukan investasi di Kamboja.

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Alasan tim Ganjar-Mahfud bahwa perolehan suara Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 dalam perhitungan KPU merupakan hasil kecurangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024