Mandiri Bangun Kantor Remitansi di Malaysia

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk (Persero) akan membangun kantor pengiriman uang (remitansi) pertama di Malaysia. Hal itu guna mempermudah transaksi tenaga kerja Indonesia (TKI) dalam remitansi.

"Selama ini kendalanya ada pada kontrol atas dana TKI," kata Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi di kantor Gatot Subroto Jakarta, Jumat, 24 April 2009.

Menurut Agus, kunci sukses pengelolaan dan pembiayaan untuk TKI terletak pada adanya kantor cabang di negara penempatan. "Itu penting sekali," ujarnya. Kantor remitansi ini rencananya akan diresmikan pada Juni 2009.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno menyambut baik rencana Bank Mandiri tersebut. "Bisa lebih gampang bagi TKI untuk mengurus remitansi," katanya di tempat terpisah.

Selain transaksi remitansi, menurut Erman, TKI juga dapat mendapatkan layanan perbankan berupa tabungan khusus TKI, pembayaran biaya calon TKI, asuransi kesehatan, kredit, dan lain-lain.

Erman menyebutkan remitansi TKI pada 2008 mencapai US$6,7 miliar atau naik US$700 juta dibandingkan tahun sebelumnya. "Untuk tahun ini, diharapkan remitansi tidak turun karena permintaan negara Timur Tengah atas tenaga kerja kita terus bertambah," ujarnya.

Selama kurun waktu tiga tahun terakhir, berdasarkan data Depnakertrans, lebih dari 600 ribu TKI diberangkatkan setiap tahunnya dengan tujuan utama ke Arab Saudi, Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.

Sedangkan dari klasifikasi industri, di negara-negara Asia Pasifik sebanyak 65 persen TKI bekerja di sektor informal dan sisanya 35 persen di sektor formal. Sebaliknya di Timur Tengah, sebanyak 95 persen TKI bekerja di sektor informal.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024