Wajah Baru Dominasi DPD Sumatera Barat

VIVAnews - Dari empat senator dari Sumatera Barat yang duduk di Dewan Perwakilan Daerah, diperkirakan tiga orang adalah wajah baru. Hanya Irman Gusman yang sekarang Wakil Ketua DPD yang dipastikan kembali ke Senayan sesuai hasil Pemilu 2009 ini.

Hal itu diketahui dari penghitungan suara manual di aula Kantor Gubernur Sumatera Barat yang hingga Jumat 24 April 2009 malam berhasil mengumpulkan 186.469 suara. Irman yang sempat digadang-gadang mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pemilihan Presiden 2009 ini unggul di 16 kota dan kabupaten Sumatera Barat.

Setelah Irman, menyusul muka baru Emma Yohana. Perempuan ini meraih posisi kedua dengan perolehan 161.500 suara. Tempat ketiga ditempati Riza Falepi, pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera dengan 112.270 suara.

Di bawah Riza, terjadi persaingan ketat antara Alirman Sori dan Patrialis Akbar, fungsionaris Partai Amanat Nasional. Hingga sore ini, Alirman Sori yang merupakan Ketua DPRD Pesisir Selatan sementara unggul dengan perolehan 87.322 suara. Perolehan suara terbanyak Alirman berada di Pessel dengan jumlah mencapai 58.465 suara. Patrialis masih bisa menyalip karena suara dari Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, Kabupaten Mentawai dan Kota Padang belum masuk seluruhnya.

Sejauh ini, jumlah calon yang bersaing untuk memperebutkan empat kursi DPD RI asal pemilihan Sumbar mencapai 42 orang. Dengan hasil sementara ini, sejumlah anggota DPD asal Sumbar periode 2004—2009 tidak memperoleh suara yang signifikan untuk kembali masuk ke Senayan.

Laporan Eri Naldi | Padang

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024