Ajak Si Kecil Bermain di Luar

VIVAnews - Hari libur bagi si kecil merupakan saatnya bermain. Biasanya mereka akan menghabiskan waktu seharian di depan televisi atau bermain playstation. Wah, jika sudah begitu mereka akan sulit disuruh mandi bahkan kegiatan makan pun bisa-bisa dilakukan di depan televisi.

Ubah kebiasaan buruk itu mulai sekarang. Saat Anda libur bekerja, ajak si kecil untuk bermain di luar rumah. Bermain di luar rumah atau di sekitar halaman sangat baik bagi perkembangan anak. Mereka bisa belajar hal-hal baru dan fisiknya juga akan terlatih.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Untuk memancing mereka bermain di luar, Anda juga harus ikut bermain bersama mereka.

Berkebun
Ajak anak membantu Anda menanam pohon di pot. Lalu beri nama pot tersebut dengan nama si kecil. Tanamkan pada anak, bahwa pohon itu merupakan tanggung jawab mereka dan harus dirawat agar tidak mati. Jangan lupa ingatkan mereka untuk menyiram tanaman tersebut. Dengan demikian, si kecil akan belajar bertanggung jawab.

Bermain air

Jika si kecil sangat suka bermain air, sediakan saja pistol air atau kolam renang kecil dari plastik. Biarkan mereka berbasah-basahan hingga puas. Jika ada anak tetangga yang seusia dengan anak Anda, ajak saja. Ajarkan si kecil untuk berbagi mainan dengan temannya. Belajar bersosialisasi dan berbagi akan sangat berguna bagi kecerdasan emosi anak.

Wisata alam

Meskipun dari segi tempat mudah dijangkau, jangan selalu menghabiskan akhir pekan di mal atau pusat perbelanjaan. Jalan-jalan ke mal hanya akan membuat anak menjadi konsumtif. Sesekali luangkan waktu untuk mengajak anak ke tempat-tempat yang menawarkan wisata alam, seperti Kebun Raya Bogor atau sekedar berjalan-jalan di kebun teh di Puncak.

Ikut outbond

Kegiatan outbond untuk anak saat ini sudah banyak ditawarkan. Ajak anak Anda untuk mengikutinya. Mereka pasti akan sangat senang. Selain mendapat ilmu baru mereka akan mendapatkan pengalaman dan teman baru. Aktivitas outbond akan merangsang kecerdasan baik intelektual maupun emosi. Anak bisa belajar mandiri dan bekerja sama dengan cara yang menyenangkan.

Ilustrasi video mesum

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Sebuah video diduga warga binaan atau narapidana di sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) merekam adegan mesum bersama seorang perempuan di sebuah ruangan lapas. 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024