BI-Hong Kong Monetary Satukan Sistem RTGS

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) dan Hong Kong Monetary Authority (HKMA) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) pengembangan payment-versus-payment (PvP) link antara sistem RTGS rupiah di Indonesia (Bank Indonesia Real Time Gross Settlement/ BI-RTGS) dengan sistem RTGS dolar Amerika Serikat di Hong Kong (US Dollars Clearing House Automated Transfer System/ USD CHATS).

”Implementasi infrastruktur ini merupakan salah satu upaya untuk memitigasi settlement risk dalam penyelesaian perdagangan valas antarbank di Indonesia terutama perdagangan dolar terhadap rupiah,” jelas Direktur Akunting dan Sistem Pembayaran BI, SWD Murniastuti, usai menandatangani MoU dengan executive director dari Financial Infrastructure Department HKMA, di Hong Kong, Jumat 24 Oktober 2008.

Dengan tergabungnya sistem tersebut, terdapat sarana penyelesaian (settlement) transaksi perdagangan valas antarbank di Indonesia, khususnya dolar AS Amerika Serikat terhadap rupiah yang dapat dilaksanakan pada saat yang sama (simultaneous settlement).

Top Trending: Sosok Noni Belanda Jadi Anggota TNI sampai Polisi Beri Mahar Emas Palsu

Selain itu, melalui infrastruktur kerja sama settlement yang dilakukan pada dua sistem real-time gross settlement (RTGS) yang beroperasi pada zona waktu yang relatif sama (zona waktu Asia), masing-masing pihak dalam transaksi perdagangan dolar AS terhadap rupiah antarbank di Indonesia dapat menerima dana lebih cepat. 

Hal ini lebih cepat jika dibandingkan dengan penyelesaian transaksi yang dilakukan melalui bank koresponden yang penyelesaian akhir (settlement) dolar AS dilakukan pada sistem pembayaran yang beroperasi di negara asal valuta asing tersebut, yang zona waktunya berbeda sangat signifikan dengan zona waktu Asia.

Implementasi dolar AS terhadap rupiah melalui PvP Link antara sistem BI-RTGS di Indonesia dan dolar AS CHATS di Hong Kong tersebut direncanakan pada akhir 2009. ”Kondisi ini diharapkan dapat menciptakan sistem pembayaran dan settlement dana antarbank di Indonesia yang lebih aman, andal, dan mengakomodasi kebutuhan sistem keuangan,” tambah Murniastuti.

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengalami lonjakan peringkat yang cukup signifikan. Kini, rangking FIFA Indonesia ada di peringkat 134. Ada 8 negara Eropa yang peringkatnya di bawah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024