Empat Kabupaten di Sumut Gelar Pilkada

VIVAnews - Senin 27 Oktober, empatĀ  kabupaten di Sumatera Utara menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak pukul 07.30 WIB. Pemilihan pasangan bupati dan wakil bupati di empat kabupaten di Sumut diwarnai kehadiran pasangan calon independen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Irham Buana Nasution mengatakan keempat kabupaten yang akan menggelar Pilkada adalah Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Tiap kabupaten yang akan menggelar Pilkada secara serentak ini terdapat lebih dari dua pasangan calon. Seperti halnya Kabupaten Deliserdang yang melibatkan sembilan pasangan calon.

Kabupaten Langkat, Dairi dan Tapanuli Utara juga terdapat tujuh pasangan calon. Pasangan calon yang akan memperebutkan suara terbanyak dalam Pilkada tersebut terdiri atas pasangan calon yang diusung oleh partai maupun pasangan calon perseorangan.

"Kehadiran pasangan calon perseorangan ini bukanlah hal pertama dalam Pilkada di Sumut. Sebelumnya pasangan perseorangan ini dapat unggul dibandingkan pasangan lainnya dalam Pilkada Kabupaten Batubara," kata Irham Buana pada VIVAnews Senin, 27 Oktober 2008.

Penyelenggaraan Pilkada kabupaten, diakui Irham, dipercepat pelaksanaannya. Mengingat pada tahun 2009 nanti tidak ada lagi penyelenggaraan Pilkada. Sebab bersamaan dengan masuknya jadwal penyelenggaran proses Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan presiden.

Di Sumatera Utara terdapat tujuh kabupaten kota yang menggelar Pilkada hingga akhir tahun 2008. Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Dairi dan Tapanuli Utara menggelar Pilkada karena telah berakhirnya masa jabatan kepala daerah di kabupaten tersebut.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions


Untuk Kabupaten Batubara, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara merupakan daerah pemekaran. Sementara Kabupaten Langkat, harus melakukan percepatan penyelenggaraan Pilkada, sebab bupati sebelumnya, Syamsul Arifin terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara.

Laporan: Jalaluddin Ibrahim/ Medan

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024