KPU NTB Tunda Pleno Rekapitulasi Suara

VIVAnews - Rekapitulasi suara KPU NTB kembali ditunda menyusul keterlambatan rekap di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Awalnya KPU NTB berencana mengakhiri rekapan peenghitungan suara pada hari ini Rabu 29 April 2009.

Ketua KPU NTB Fauzan Khalid membenarkan penundaan itu. Menurutnya masalah perhitungan suara tingkat KPU Bima terjadi akibat banyaknya protes dari saksi partai politik. Berbagai tekanan yang datang dari peserta pemilu belum dapat diselesaikan oleh KPU setempat.

Dia menegaskan jumlah suara untuk dua kabupaten tersebut menentukan perolehan suara akhir untuk Partai Golkar dan Partai Gerinda untuk kursi ke sepuluh DPR RI. "Suara didua Kabupaten itu mencapai 200 ribuan.Sementara  perolehan suara antara partai Golkar dan Gerindra 222 ribu dan 62 ribu,"kata Fauzan kepada wartawan di Mataram.

Sementara ini KPU NTB sudah menyelesaikan rekapitulasi suara untuk tujuh Kabupaten dan Kota. Fauzan berharap masalah yang dihadapi dua KPU Kabupaten itu tidak berlarut-larut sehingga tidak mengganggu jalannya proses rekapitulasi suara.

Menteri Basuki: ASN Pindah ke IKN Usai Upacara 17 Agustus

"besok pagi rekapitulasi wajib diselesaikan.Sebab tanggal 1 Mei mendatang kita sudah dijadwalkan untuk perekapan surat suara di tingkat KPU Pusat,"ujar Khalid.

Jika hingga besok kedua Kabupaten yakni Bima dan Dompu belum menyelesaikan rekapannya,KPU NTB dengan dibantu jajaran TNI Polri akan menjemput paksa seluruh surat suara berikut rekapannya. Itu dilakukan untuk mempercepat proses rekapitulasi suara ditingkat provinsi.

Pleno rekapitulasi suara KPU NTB untuk sembilan Kabupaten dan Kota digelar sejak Sabtu 24 April 2009. Hasil sementara perolehan suara dari tujuh Kabupaten Kota yang sudah direkapitulasi menunjukkan Partai Demokrat unggul disejumlah kota dan kabupaten seperti Kota Mataram,Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, KSB, Kota Bima dan Kabupaten Sumbawa.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Duel PSS Sleman vs Arema FC

PSS Sleman Makin Percaya Diri Usai Benamkan Arema FC

PSS Sleman berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Arema FC dalam lanjutan Liga 1 dengan skor 4-1. Duel kedua tim ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Senin.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024